Pengembangan instrumen tes status konseptual peserta didik pada materi Fluida Statis

Yulianti, Ira Ayu (2023) Pengembangan instrumen tes status konseptual peserta didik pada materi Fluida Statis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy

Abstract

Status konseptual diklasifikasikan menjadi konsepsi sebagai inteligible, plausible dan fruitful pada peserta didik. Status konseptual sangat berguna untuk menilai perubahan konsepsi peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan instrumen tes status konseptual peserta didik pada materi fluida statis serta untuk mengetahui status konseptual peserta didik pada materi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan 4D (Four-D) models. Hasil pengembangan instrumen menunjukkan bahwa instrumen tes yang dikembangkan memiliki kategori kelayakan kuat dengan indeks IOC (Item Objective Congruence) antara 0.05-1.00 dan reliabilitas instrumen tes yang dikembangkan reliabel dengan reliabilitas sebesar 0.82 serta memiliki keterbacaan dengan kategori baik dari peserta didik. Status konseptual peserta didik pada konsep hukum archimedes menunjukkan bahwa 50% intelligible, plausible dan fruitful bagi mereka pada level yang sedang. Pada konsep hukum pascal, 50% dari peserta didik menunjukkan bahwa konsep tersebut intelligible bagi mereka pada level rendah, dan 50% peserta didik menyatakan bahwa konsep tersebut plausible dan fruitful bagi mereka pada level yang sedang. Pada tekanan hidrostatis, 83% peserta didik menunjukkan bahwa konsep tersebut intelligible, plausible dan fruitful pada level yang rendah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Instrumen Tes Status Konseptual; Peserta Didik; Materi Fluida Statis
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ira Ayu Yulianti
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:32
Last Modified: 27 Oct 2023 02:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80910

Actions (login required)

View Item View Item