Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran KADIR (Koneksi, Aplikasi, Diskursus, Improvisasi, dan Refleksi) dengan pendekatan kontekstual

Mutamam, Akhmad Nurul (2023) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran KADIR (Koneksi, Aplikasi, Diskursus, Improvisasi, dan Refleksi) dengan pendekatan kontekstual. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang perlu ditingkatkan lagi. Adapun penerapan model pembelajaran KADIR (Koneksi, Aplikasi, Diskursus, Improvisasi, dan Refleksi) dengan pendekatan kontekstual dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran KADIR dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional (ekspositori), peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran KADIR lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional (ekspositori) dan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran KADIR. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Grup dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran KADIR meningkat dengan kategori sedang dan siswa yang menggunakan model konvensional meningkat dengan kategori rendah, peningkatan kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematis yang menggunakan model pembelajaran model KADIR dengan pendekatan kontekstual lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional serta siswa kebanyakan menunjukkan respon sikap yang positif terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran KADIR. ENGLISH : This research is motivated by students' mathematical problem solving abilities which need to be improved further. The application of the KADIR learning model (Connection, Application, Discourse, Improvisation and Reflection) with a contextual approach can be one solution to improve students' mathematical problem solving abilities. This research aims to determine: Increasing the mathematical problem solving abilities of students who use the KADIR learning model compared to students who use the conventional (expository) learning model, improving the mathematical problem solving abilities of students who use the KADIR learning model compared to students who use the conventional learning model ( expository) and students' attitudes towards mathematics learning using the KADIR learning model. This research was carried out at SMA Muhammadiyah 4 Bandung City in the odd semester of the 2023/2024 academic year. The research method used was Quasi Experimental with a Nonequivalent Control Group design with purposive sampling technique. The results of the research show that: The mathematical problem solving abilities of students who use the KADIR learning model increase in the medium category and students who use the conventional model increase in the low category, the increase in mathematical problem solving abilities that use the KADIR learning model with a contextual approach is better compared to students who use conventional learning models and students mostly show positive attitudes towards learning mathematics using the KADIR learning model

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: KADIR; Kontekstual; Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Akhmad Nurul Mutamam
Date Deposited: 30 Oct 2023 00:48
Last Modified: 30 Oct 2023 00:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80973

Actions (login required)

View Item View Item