Penerapan strategi pembelajaran aktif Peer Lesson terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan Mathematical Habits of Mind

Fajrin, Febi Febrilianti (2023) Penerapan strategi pembelajaran aktif Peer Lesson terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan Mathematical Habits of Mind. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (528kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang perlu ditingkatkan salah satunya melalui penerapan strategi pembelajaran aktif Peer Lesson. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (a) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Peer Lesson; (b) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional; (c)Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang lebih baik antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Peer Lesson dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; dan (d) Mathematical Habits of Mind siswa setelah menggunakan Strategi Pembelajaran Peer Lesson. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMPN 17 Bandung. Sampel penelitian yaitu kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen dan VIII-D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan non tes, yaitu pretest, posttest dan angket Mathematical Habits of Mind. Hasil penelitian sebagai berikut (a) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif Peer Lesson memiliki kategori tinggi; (b) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional memiliki kategori sedang; (c) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif Peer Lesson lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; dan (d) Mathematical Habits of Mind siswa yang diperoleh secara umum menunjukkan sikap positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peer Lesson; Kemampuan Pemecahan Masalah; Mathematical Habits of Mind
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Febi Febrilianti Fajrin
Date Deposited: 30 Oct 2023 01:27
Last Modified: 30 Oct 2023 01:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80980

Actions (login required)

View Item View Item