Pengaruh kegiatan membaca Al-Qur'an terhadap tingkat kecemasan : Studi deskriptif kuantitatif kepada siswa kelas 12 di SMA PESAT Kota Bogor

Hasvyan, Eryoko (2023) Pengaruh kegiatan membaca Al-Qur'an terhadap tingkat kecemasan : Studi deskriptif kuantitatif kepada siswa kelas 12 di SMA PESAT Kota Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)

Abstract

Manusia hidup di dunia ini membutuhkan petunjuk atau bimbingan. Kehadiran petunjuk ini diperlukan karena keteraturan merupakan sifat manusia. Allah swt. memberikan rahmat berupa wahyu kepada Nabi Muhammad saw. itu kitab Al-Qur’an dan sebagai petunjuk bagi kaum muslimin. Kitab Al-Qur’an sebagai penyembuh yang ampuh dan merupakan sebuah terapi untuk jiwa, pkiran, dan ketenagan hati. Kecemasan merupakan suatu faktor penghambat yang dapat mengganggu kemampuan seseorang untuk melakukan fungsi kognitif seperti konsentrasi, mengingat, membentuk konsep serta solusi pemecahan masalah. Penelitian ini ditujukan kepada siswa kelas 12 di SMA PESAT, karena jika siswa tidak mampu mengatasi kecemasan yang dirasakan, maka ditakutkan dapat memengaruhi kemampuan siswa dalam pengembangan diri untuk persiapan rangkaian ujian yang akan datang dan persiapan untuk masa depan setelah kelulusan. Oleh karena itu rasa kecemasan ditakutkan akan berdampak buruk bagi para siswa. Berdasarkan kejadian ini maka penelitian ini ditujukan untuk pengujian di SMA PESAT karena ingin mengetahui apakah ada pengaruh atau tidaknya kegiatan membaca Al-Qur’an terhadap tingkat kecemasan. Dalam penelitian ini digunakan metode kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji validitas instrument, uji reliabilitas, uji normalitas, uji koefisien korelasi, uji hipotesis. Dengan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian data statistik skor untuk variabel X atau kegiatan membaca Al-Qur’an diperoleh nilai yang paling tinggi adalah 73 dan yang terkecil adalah 37. Sedangkan untuk variabel Y tingkat kecemasan, diperoleh nilai yang paling tinggi 71 dan paling rendah adalah 49. Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan diketahui dari uji t. Maka jawabannya adalah adanya pengaruh antara kedua variabel tersebut. Karena H0= 2,359 ≥ 2,039 dengan kata lain t hitung mempunyai nilai lebih besar dari t tabel. Lalu analisis korelasi dari kedua variabel menghasilkan nilai 0,390 ternyata mempunyai hubungan yang lemah atau tidak erat, karena masuk dalam nilai interval 0,20-0,399. Dan data analisis koefisien determinasi diperoleh nilai R square sebesar 0,152 yang mana jika di persentase kan akan menjadi 15,2% hasil ini jika di tinjau pada tabel interval koefisien determinasi maka dikatakan interpretasinya rendah. Dengan sisa 84,8% ditentukan oleh faktor lain di luar peneltian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Al-Qur'an; tingkat kecemasan; siswa;
Subjects: Islam Umum
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Diseases > Mental Disorders
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Eryoko Hasvyan
Date Deposited: 30 Oct 2023 03:45
Last Modified: 30 Oct 2023 03:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81015

Actions (login required)

View Item View Item