Pengaruh model pembelajaran Inkuiri terbimbing berbantuan Nearpod terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi Sistem Reproduksi

Mulyanti, Adillah Tsinta (2023) Pengaruh model pembelajaran Inkuiri terbimbing berbantuan Nearpod terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi Sistem Reproduksi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)

Abstract

Model pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan model yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran apalagi disertai variasi interaktif seperti aplikasi Nearpod. Hasil belajar kognitif siswa merupakan suatu wujud pemahaman yang diperoleh siswa selama proses pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai standar kualitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan Nearpod terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem reproduksi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan metode quasi eksperiment, desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Perangkat penelitian berupa RPP dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan angket respon siswa. Sampel penelitian berjumlah 74 dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran aktivitas guru dan siswa memperoleh kriteria sangat terlaksana. Nilai hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen memperoleh hasil N-Gain sebesar 0,72 berkriteria tinggi dan pada kelas kontrol memperoleh hasil N-Gain sebesar 0,59 berkriteria sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan perhitungan statistik non-parametrik yaitu uji Mann-Whitney menunjukkan Sig. (2-tailed) 0,002 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak artinya terdapat pengaruh pada kelas eksperimen. Adapun respon siswa terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu Nearpod memperoleh rata-rata persentase sebesar 78,76% berkriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dari penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu Nearpod terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem reproduksi. Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif, Inkuiri Terbimbing, Nearpod, Sistem Reproduksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Kognitif; Inkuiri Terbimbing; Nearpod; Sistem Reproduksi;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Adillah Tsinta Mulyanti
Date Deposited: 30 Oct 2023 07:49
Last Modified: 30 Oct 2023 07:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81073

Actions (login required)

View Item View Item