Ramades, Fiqi (2023) Efektivitas penyajian berita model Infografis di Tirto.id terhadap pemahaman pembaca : Studi korelasional terhadap mahasiswa Jurnalistik Universitas Islam Negeri Bandung pengikut Instagram @tirtoid. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (355kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (69kB) | Request a copy |
Abstract
Keanekaragaman bentuk informasi yang diciptakan oleh media massa saat ini adalah buah hasil dari perubahan zaman yang menjadi lebih modern, membuat suasana yang diciptakan semuanya menjadi serba cepat. Kebutuhan dan permintaan yang cepat senantiasa saling menyeimbangi, baik media maupun khalayak seakan sudah saling beradaptasi dengan kecepatan informasi masa kini. Media massa menyesuakannya dengan mensiasati menciptakan berita model infografis, yang diketahui lebih singkat, padat, dan menarik secara visual di kalangan pembaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari penyajian berita dalam bentuk infografis (X) terhadap pemahaman pembaca (Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan paradigma positivisme, dengan metode uji regresi linier sederhana, dan partisipasi darri 100 responden mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung angkatan 2019. Kerangka teori dari penelitian ini menggunakkan teori Uses and Gratification, yang memiliki asumsi bahwa khalayak dianggap mampu memilih media dan informasinya sendiri untuk memunuhi kebutuhan informasi. Metode survei digunakan dalam penelitian ini dengan tujuan untuk memberikan gambaran secara rinci tentang suatu kasus. Metode survei ini dianggap perlu dalam penelitian inni karena akan membantu mengumpulkan data berdasarkan rancangan pertanyaan yang berdasarkan data. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling probability dan simple random sampling dengan rumus Lemeshow. Hasil penelitian yang didapatkan adalah tingkat pemahaman pembaca adalah cukup tinggi dan dapat memahami infografis Tirto.id dengan baik dengan nilai 4,26 dari 5,00. Temuan lainnya adalah sesuai dengan asumsi teori, bahwa responden memilih media Tirto.id dalam memenuhi kebutuhan informasi, dengan persentase 83% positif dalam rincian 41% setuju dan 42% sangat setuju dengan pernyataan “Saya cenderung memilih Tirto.id untuk memenuhi kebutuhan informasi”. Namun, ketika diuji dengan uji korelasi product moment, hipotesis yang didapat adalah tidak terdapat pengaruh dan hubungan antara penyajian infografis terhadap pemahaman pembaca, yakni mahasiswa Jurnalistik 2019 UIN Bandung. Tirto.id memiliki teknik tersendiri dalam menyajikan infografis, dengan konsep reuse, repackaging, dan recreate, yakni mengolah kembali artikel yang telah tayang di laman web resminya ke dalam bentuk infografis yang lebih padat, singkat, dan menarik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penyajian Berita; Instagram; Infografis; Pemahaman Pembaca; Korelasi |
Subjects: | Systems > Theory of Communication and Control Journalism and Newspapers in Indonesia Comparative Psychology > Comparative Psychology of Sensory Perception, Movement, Emotions, Psychological Drives of Animals Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Computer Arts, Digital Arts |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Fiqi Ramades |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 03:20 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 03:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81139 |
Actions (login required)
View Item |