Persepsi mahasiswa terhadap Citizen Journalism pada akun Instagram @infobandungraya: Studi deskriptif kualitatif para mahasiswa jurnalistin UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2019

Ilyas, Icmi Harwani (2023) Persepsi mahasiswa terhadap Citizen Journalism pada akun Instagram @infobandungraya: Studi deskriptif kualitatif para mahasiswa jurnalistin UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy

Abstract

Citizen journalism merupakan suatu fenomena baru terhadap dunia pelibutan berita digital maupun cetak. dimana mereka yang bukan termasuk wartawan professional ikut berkontribusi untuk mengumpulkan, Menyusun, dan menyebarkan berita melalui platform media online, bahkan media sosial intagram. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi, interpretasi dan reaksi mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung pada Jurusan Ilmu Komunikasi Jurnalistik Angkatan 2019 terhadap peran citizen journalism pada akun Instagram @infobandungraya. Penelitian ini berpedoman kepada teori persepsi yang pertama kali dikemukakan oleh Robbins (2003) dan kemudian dikembangkan oleh Alex Sobur (2013) dan terdapat beberapa komponen yang diantaranya adalah seleksi, interpretasi dan reaksi terhadap suatu realitas yang terjadi terkait pengalaman tentang peristiwa dan objek yang didapatkan dengan mengumpulkan informasi juga menerjemahkan sebuah pesan. Metode yang digunakan pada penelitian ini berupa deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Laporan penelitian berisi kutipan data untuk memberikan gambaran penyajian laporan. Data tersebut berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka, yang mana dihasilkan dari wawancara, observasi dan pemanfaatan dokumen. Metode ini ditujukan tidak hanya sebagai untuk melihat bagaimana persepsi mahasiswa jurnalistik Angkatan 2019 terhadap peran citizen journalism pada akun Instagram @infobandung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Mahasiswa Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung Angkatan 2019 terhadap citizen journalism atau jurnalis warga yang ada di Instagram @infobandungraya, bahwa mereka mengatahui adanya peran jurnalis warga pada Instagram @infobandungraya dan mengetahui makna seorang jurnalis warga itu sendiri. Mereka sendiri memliki daya tarik yang beragam dimulai dari keberagaman informasi yang disampaikan hingga pengemasan konten yang dibuat oleh jurnalis warga @infobandungraya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi; media sosial; instagram; infobandungraya
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence > Communication Psychology
Conscious Mental Process and Intelligence > Perceptual Process
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Icmi Harwani Ilyas
Date Deposited: 31 Oct 2023 03:13
Last Modified: 31 Oct 2023 03:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81142

Actions (login required)

View Item View Item