Restia, Fasya Suci (2023) Strategi kampanye Public Relations Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat dalam mensosialisasikan program Diet Kendaraan Pribadi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (229kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) | Request a copy |
Abstract
Kendaraan pribadi yang berlebihan telah menjadi masalah serius di banyak kota besar di seluruh dunia, termasuk Provinsi Jawa Barat. Dalam upaya mengatasi masalah kemacetan, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat telah meluncurkan kampanye public relations yang ambisius untuk mensosialisasikan program "Diet Kendaraan Pribadi." Kampanye ini bertujuan untuk mengubah perilaku masyarakat dengan mendorong penggunaan transportasi umum, berbagi kendaraan, dan mengadopsi gaya hidup berkelanjutan. Penelitian ini mengadopsi Model Kampanye Ostergaard sebagaimana dijabarkan oleh Venus (2019:1418), yang terdiri dari tiga tahap utama, yaitu (1) tahap identifikasi masalah, (2) tahap pengelolaan kampanye, dan (3) tahap evaluasi. Dalam konteks metodologi, penelitian ini mengusung pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Peneliti memanfaatkan instrumen wawancara, observasi, serta analisis dokumen sebagai sarana untuk menjawab pertanyaan penelitian dan untuk memberikan gambaran rinci mengenai tujuan yang dikejar. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa Humas Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat telah mempraktikkan kampanye public relations terkait Program Diet Kendaraan Pribadi dengan mematuhi pendekatan yang dinyatakan dalam Model Kampanye Ostergaard. Tahap pertama adalah identifikasi masalah, yang mencakup permasalahan kemacetan yang tinggi, tingkat penggunaan kendaraan pribadi yang cukup tinggi, serta kesadaran masyarakat yang rendah terkait penggunaan kendaraan umum. Selanjutnya, tahap kedua adalah pengelolaan kampanye yang melibatkan perancangan dan pelaksanaan. Perancangan melibatkan evaluasi internal dan penyusunan konten kampanye. Pelaksanaan kampanye dilakukan dengan metode tatap muka melalui sosialisasi langsung dan melalui media sosial Instagram. Terakhir, tahap ketiga adalah evaluasi yang mencakup penilaian internal terhadap efektivitas kampanye yang telah dijalankan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kampanye Public Relations; Model Kampanye Ostergaard; Program Diet Kendaraan Pribadi; Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | fasya suci restia |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 05:24 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 05:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81182 |
Actions (login required)
View Item |