Wijaya, Suci Aulia (2023) Pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantu Virtual Field Trip terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (532kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (593kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (593kB) | Request a copy |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran abad 21 menuntut siswa untuk memiliki keterampilan berpikir kritis yang dapat dikembangkan menggunakan model pembelajaran Group Investigation berbantu Virtual Field Trip. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbantu Virtual Field Trip terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 64 orang siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 32 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment dan desain nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, soal dengan indikator keterampilan berpikir kritis dan angket respon. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,62 dengan kategori sedang lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 0,28 dengan ketegori rendah. Hasil rata-rata respon siswa terhadap model pembelajaran Group Investigation berbantu Virtual Field Trip sebesar 81,25% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil pengujian data posttest menunjukkan terdapat data yang tidak berdistribusi normal sehingga dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney (U-Test) diperoleh nilai signifikansi 0,001<0,05 yang artinya H_0 ditolak dan H_1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari model pembelajaran Group Investigation berbantu Virtual Field Trip terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekosistem; Group Investigation; Keterampilan Berpikir Kritis; Virtual Field Trip |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Suci Aulia Wijaya |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 02:35 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 02:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81270 |
Actions (login required)
View Item |