Pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantu Virtual Field Trip terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Ekosistem

Wijaya, Suci Aulia (2023) Pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantu Virtual Field Trip terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (532kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran abad 21 menuntut siswa untuk memiliki keterampilan berpikir kritis yang dapat dikembangkan menggunakan model pembelajaran Group Investigation berbantu Virtual Field Trip. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbantu Virtual Field Trip terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 64 orang siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 32 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment dan desain nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, soal dengan indikator keterampilan berpikir kritis dan angket respon. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,62 dengan kategori sedang lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 0,28 dengan ketegori rendah. Hasil rata-rata respon siswa terhadap model pembelajaran Group Investigation berbantu Virtual Field Trip sebesar 81,25% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil pengujian data posttest menunjukkan terdapat data yang tidak berdistribusi normal sehingga dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney (U-Test) diperoleh nilai signifikansi 0,001<0,05 yang artinya H_0 ditolak dan H_1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari model pembelajaran Group Investigation berbantu Virtual Field Trip terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekosistem; Group Investigation; Keterampilan Berpikir Kritis; Virtual Field Trip
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Suci Aulia Wijaya
Date Deposited: 01 Nov 2023 02:35
Last Modified: 01 Nov 2023 02:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81270

Actions (login required)

View Item View Item