Manajemen pondok pesantren dalam meningkatkan kinerja guru melalui kewirausahaan : Studi deskriptif pada pondok pesantren Al-Qur’an Al-Falah Cicalengka Kabupaten Bandung

Fauziah, Alfiya (2023) Manajemen pondok pesantren dalam meningkatkan kinerja guru melalui kewirausahaan : Studi deskriptif pada pondok pesantren Al-Qur’an Al-Falah Cicalengka Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Gjati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I (2).pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)

Abstract

Manajemen adalah suatu tindakan dalam menginisiasi perubahan baik dalam individu maupun dalam suatu kelompok. Dalam hal ini, terdapat empat pilar utama yang menjadi panduan dalam praktik manajemen, yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling). Keempat konsep kunci ini menjadi landasan yang mengarahkan langkah-langkah dalam mencapai tujuan dan menjaga kelangsungan kesuksesan dalam suatu lingkungan yang dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Kewirausahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi langsung ke tempat penelitian, wawancara langsung dengan informan dan mengambil dokumentasi yang berkaitan dengan manajemen kewirausahaan pondok pesantren Al-Qur’an Al-Falah dalam meningkatkan kinerja guru Kabupaten Bandung. Pendekatan teori Dr. William Edwards Deming yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori PDCA (Plan, Do, Check, dan Action) siklus peningkatan proses yang berkesinambungan atau secara terus menerus seperti lingkaran yang tidak ada akhirnya karena siklus ini terkenal dengan siklus peningkatan proses atau pemecahan masalah. pada implementasi siklus ini tentunya selalu ada pengevaluasian dan peninjauan ulang dalam pengelolaannya agar mendapatkan hasil yang dicapai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Perencanaan manajemen pondok pesantren Al-Qur’an Al-Falah dalam meningkatkan kinerja guru melalui kewirausahaan, dalam perencanaannya ini dibuat dalam program jangka panjang dan jangka pendek untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien, 2). Pelaksanaan manajemen pondok pesantren Al-Qur’an Al-Falah dalam meningkatkan kinerja guru melalui kewirausahaan, pelaksanaan disini merupakan aksi dari keseluruhan kegiatan dalam kewirausahaan Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Falah Cicalengka yang berbentuk koperasi, 3). Pemeriksaan/ Evaluasi manajemen pondok pesantren Al-Qur’an Al-Falah dalam meningkatkan kinerja guru melalui kewirausahaan, dengan melaporkan hasil rapat yang selalu dilaksanakan setiap 3 bulan dan per 1 tahunnnya kepada Dinas Kab. Bandung, 4). Tindak Lanjut manajemen pondok pesantren Al-Qur’an Al-Falah dalam meningkatkan kinerja guru melalui kewirausahaan, berdasarkan hasil penelitian yang peneliti peroleh bahwa dalam menindak lanjut program yang belum terlaksana ini ada Sebagian yang di ganti dan ada sebagian juga yang diprogramkan kembali.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajeme Pondok Pesantren; Meningkatkan Kinerja Guru; Kewirausahaan
Subjects: Customs of People > Organization and Management
General Management > Education, Research of Management
General Management > Control and Quality Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Alfiya - Fauziah
Date Deposited: 02 Nov 2023 04:59
Last Modified: 02 Nov 2023 04:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81365

Actions (login required)

View Item View Item