Fauziah, Alfiya (2023) Manajemen pondok pesantren dalam meningkatkan kinerja guru melalui kewirausahaan : Studi deskriptif pada pondok pesantren Al-Qur’an Al-Falah Cicalengka Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Gjati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I (2).pdf Download (347kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
Abstract
Manajemen adalah suatu tindakan dalam menginisiasi perubahan baik dalam individu maupun dalam suatu kelompok. Dalam hal ini, terdapat empat pilar utama yang menjadi panduan dalam praktik manajemen, yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling). Keempat konsep kunci ini menjadi landasan yang mengarahkan langkah-langkah dalam mencapai tujuan dan menjaga kelangsungan kesuksesan dalam suatu lingkungan yang dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Kewirausahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi langsung ke tempat penelitian, wawancara langsung dengan informan dan mengambil dokumentasi yang berkaitan dengan manajemen kewirausahaan pondok pesantren Al-Qur’an Al-Falah dalam meningkatkan kinerja guru Kabupaten Bandung. Pendekatan teori Dr. William Edwards Deming yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori PDCA (Plan, Do, Check, dan Action) siklus peningkatan proses yang berkesinambungan atau secara terus menerus seperti lingkaran yang tidak ada akhirnya karena siklus ini terkenal dengan siklus peningkatan proses atau pemecahan masalah. pada implementasi siklus ini tentunya selalu ada pengevaluasian dan peninjauan ulang dalam pengelolaannya agar mendapatkan hasil yang dicapai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Perencanaan manajemen pondok pesantren Al-Qur’an Al-Falah dalam meningkatkan kinerja guru melalui kewirausahaan, dalam perencanaannya ini dibuat dalam program jangka panjang dan jangka pendek untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien, 2). Pelaksanaan manajemen pondok pesantren Al-Qur’an Al-Falah dalam meningkatkan kinerja guru melalui kewirausahaan, pelaksanaan disini merupakan aksi dari keseluruhan kegiatan dalam kewirausahaan Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Falah Cicalengka yang berbentuk koperasi, 3). Pemeriksaan/ Evaluasi manajemen pondok pesantren Al-Qur’an Al-Falah dalam meningkatkan kinerja guru melalui kewirausahaan, dengan melaporkan hasil rapat yang selalu dilaksanakan setiap 3 bulan dan per 1 tahunnnya kepada Dinas Kab. Bandung, 4). Tindak Lanjut manajemen pondok pesantren Al-Qur’an Al-Falah dalam meningkatkan kinerja guru melalui kewirausahaan, berdasarkan hasil penelitian yang peneliti peroleh bahwa dalam menindak lanjut program yang belum terlaksana ini ada Sebagian yang di ganti dan ada sebagian juga yang diprogramkan kembali.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajeme Pondok Pesantren; Meningkatkan Kinerja Guru; Kewirausahaan |
Subjects: | Customs of People > Organization and Management General Management > Education, Research of Management General Management > Control and Quality Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Alfiya - Fauziah |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 04:59 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 04:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81365 |
Actions (login required)
View Item |