Pengaruh harga, fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada foodcourt Muktamar Halal Food (MHF)

Rivaldi, M Adil Rizki (2023) Pengaruh harga, fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada foodcourt Muktamar Halal Food (MHF). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB 1.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text
9_DAPUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan berkembangnya zaman dari waktu ke waktu, dunia bisnis mengalami perkembangan yang sangat pesat. Semakin banyak usaha kecil ataupun besar yang bermunculan mengakibatkan peningkatan jumlah usaha yang bersifat sejenis yang menyebabkan persaingan semakin ketat. Semua ini berawalan dari kebutuhan konsumen yang beraneka ragam sehingga mendorong perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan cara menawarkan produk atau jasa yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen dan kemudian mendistribusikannya melalui pasar tradisional atau modern. Industri makanan dan minuman di Indonesia semakin berkembang pesat, terbukti dengan banyaknya gerai makanan yang tersebar di seluruh kota besar. Salah satu tempat yang menjadi primadona dalam menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman adalah Foodcourt. Foodcourt merupakan area makan yang terbuka dan bersifat informal modern (Pinhome, 2022). Jadi Foodcourt adalah area dalam satu lokasi yang didalamnya terdapat pusat jajanan serba ada, juga sebuah tempat makan yang terdiri dari gerai-gerai makanan yang menawarkan aneka menu variatif dan dapat dinikmati oleh semua kalangan karena bersifat informal. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah field research (Penelitian lapangan) yaitu metode penelitian yang mengharuskan peneliti langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data baik melalui hasil keusioner maupun melalui observasi. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, penelitian deskriptif kuantitatif yaitu menjelaskan, berbagai kondisi, berbagai situasi, atau berbagai variabel yang timbul dimasyarakat yang menjadi objek penelitian itu berdasarkan apa yang terjadi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga, fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada foodcourt muktamar halal food (MHF). Dan untuk mengetahui apakah ada variabel antara (harga, fasilitas dan kualitas pelayanan) yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada foodcourt muktamar halal food (MHF). pencapaian peningkatan pendapatan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai uji parsial Uji t diperoleh thitung untuk variabel harga sebesar 3,59 dengan signifikansi 0,000. Karena thitung > ttabel (3,59 > 1,985) atau sig. t < 5% (0,000 < 0,050), maka dapat dinyatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada konsumen foodcourt muktamar halal food (MHF). Hasil nilai Uji t Variabel Fasilitas diperoleh thitung untuk variabel Fasilitas sebesar 0,55 dengan signifikansi 0,000. Karena thitung < ttabel (0,55 < 1,985) atau sig. t < 5% (0,000 < 0,050), maka dapat dinyatakan H0 diterima dan Ha ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara Fasilitas terhadap Kepuasan Konsumen pada konsumen foodcourt muktamar halal food (MHF). Hasil Uji t Variabel Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen Foodcourt Muktamar Halal Food (MHF). Hal ini dapat dilihat pada pengujian hipotesis Uji T pada variabel Kualitas Pelayanan memperoleh nilai thitung sebesar 7,57 dan ttabel 1,985 dengan nilai signifikansi (sig.) sebesar 0,000 < 0,050. Hasil Uji f secara simultan Pengaruh variabel Harga,Fasilitas dan Kualitas Pelayanan secara simultan Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Hal ini dapat ditunjukkan berdasarkan tabel hasil uji F, dimana diperoleh fhitung sebesar 95,95 dan nilai signifikansi 0,000. Berdasarkan hasil tersebut, nilai fhitung 95,95 > 3,09 ftabel dan nilai signifikansi 0,000 < 0,050, artinya H0 ditolak Ha diterima. Dengan ini dapat dirumuskan bahwa variabel harga fasilitas dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Harga; Fasilitas; Kualitas Pelayanan; Kepuasan Konsumen;
Subjects: Business
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: M Adil Rizki Rivaldi
Date Deposited: 02 Nov 2023 07:30
Last Modified: 02 Nov 2023 07:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81445

Actions (login required)

View Item View Item