Peranan kebijakan direktur dalam meningkatkan efektivitas kerja karyawan: Studi di Perusahaan Injuk Karya Aren Malangbong-Garut

Hermawan, Hermawan (2002) Peranan kebijakan direktur dalam meningkatkan efektivitas kerja karyawan: Studi di Perusahaan Injuk Karya Aren Malangbong-Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (786kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)

Abstract

Kedudukan dan peranan seorang direktur dalam sebuah perusahaan atau organisasi sangat penting ha! ini menyangkut dengan keberhasilan sebuah perusahaan. Perusahaan Injuk Karya Aren dalam pengelolaan manajemennya mengalami kemajuan yang cukup baik dari segi produksi, disiplin, pembukuan dan pemasaran bila dibandingkan ketika perusahaan masih menggunakan manajemen tradisional (keluarga). Hal ini tidak terlepas dari peranan seorang manajer yang menggunakan metode modem, terbukti Setelah menggunakan manajemen modem perusahaan dapat mengefektifkan seluruh aset perusahaan termasuk dalam meningkatan efektivitas keija karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan-kebijakan yang diterapkan direktur dalam meningkatkan efektivitas kerja karyawan serta untuk mengetahui korelasi antara kebijakan dan efektivitas kerja karyawan dan tinjauan fiqh mu’amalah terhadap kebijakan direktur di Perusahaan Injuk Karya Aren Malangbong Garut. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa tinggi rendahnya efektivitas kerja karyawan tergantung kepada kebijakan-kebijakan seorang direktur dalam meningkatkan efektivitas kerja karyawan. Hipotesis yang diajukan, semakin baik kebijakan yang dilakukan oleh direktur maka karyawan akan semakin disiplin dan efektivitas kerjanya akan meningkat. Langkah-langkah penelitian yang ditempuh meliputi: penentuan lokasi, penentuan populasi, dan sampel penelitian. Metode yang digunakan adalah metode deskriftif, dan teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi, angket dan wawancara kepada responden yang dijadikan sampel penelitian. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa upaya direktur dalam meningkatkan efektivitas kerja karyawan melalui: 1. dengan menerapkan kebijakan-kebijakan yaitu, kebijakan kenaikan upah, kebijakan penambahan jam kerja dan kebijakan pemasaran. 2. Dari hasil penelitian umumnya para karyawan sangat setuju dengan kebijakan yang diterapkan oleh perusahaan, yaitu dengan diterapkannya kebijakan kenaikan upah sebagian responden 75% menyatakan sangat setuju 25% setuju, kemudian kebijakan penambahan jam keija yang sebagian responden 50% menyatakan sangat setuju 50% setuju dan kebijakan pemasaran sebagian responden 50% menyatakan sangat setuju 50% setuju. Jadi korelasi antara kebijakan dengan efektivitas ialah dengan adanya kebijakan dapat meningkatkan efektivitas kerja karyawan. 3. Ketiga kebijakan yang diterapkan oleh pimpinan perusahaan Injuk Karya Aren telah sesuai dengan prinsip-prinsip mu’amalah yaitu, prinsip keseimbangan, prinsip mencapai kemanfatan, prinsip tidak mubadzir, prinsip berlaku adil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peranan Kebijakan Direktur; Di Perusahaan Injuk Karya Aren
Subjects: Commerce, Trade > Commercial Policy
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: ADMIN PKL
Date Deposited: 10 Nov 2023 07:28
Last Modified: 15 Jan 2024 07:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81544

Actions (login required)

View Item View Item