Dampak sistem pendidikan Full Day School pada perkembangan sosial siswa di lingkungan keluarga dan masyarakat : Studi siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Jalancagak Kabupaten Subang

Hidayat, Rahmat (2023) Dampak sistem pendidikan Full Day School pada perkembangan sosial siswa di lingkungan keluarga dan masyarakat : Studi siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Jalancagak Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak sistem pendidikan full day school terhadap perkembangan sosial siswa di lingkungan keluarga dan masyarakat. Untuk mengetahui bagaimana perkembangan sosial mereka sebelum dan sesudah bergabung ke sekolah dengan sistem full day. Full day school adalah sebuah pendekatan pendidikan di mana siswa menghabiskan sebagian besar hari mereka di sekolah, termasuk jam makan siang dan aktivitas ekstrakurikuler. Penelitian ini menggunakan teori Struktural Fungsional (AGIL) yang dikemukakan oleh Talcott Parsons. Teori tersebut dijadikan kerangka berfikir dalam melihat fenomena yang muncul dilapangan, terutama kaitannya dengan Dampak Sistem Pendidikan Full Day School Terhadap Perkembangan Sosial Siswa di Lingkungan Keluarga dan Masyarakat (Penelitian SMA Negeri 1 Jalancagak Kabupaten Subang). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan siswa, orang tua, dan guru, serta observasi langsung di lingkungan keluarga dan masyarakat siswa. i Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pendidikan full day school memiliki dampak yang signifikan pada perkembangan sosial siswa. Siswa yang mengikuti full day school memiliki kesempatan lebih banyak untuk berinteraksi dengan teman sebaya dan guru, yang dapat meningkatkan keterampilan sosial mereka. Namun, ada juga beberapa tantangan yang dihadapi siswa, seperti kurangnya waktu luang untuk berinteraksi dengan keluarga dan teman di luar sekolah. Di lingkungan keluarga, orang tua merasakan adanya perubahan dalam pola interaksi dengan anak-anak mereka akibat jadwal yang padat dalam full day school. Selain itu, penelitian ini juga mengungkapkan bahwa masyarakat sekitar juga merasakan dampak dari full day school dalam bentuk perubahan dalam pola aktivitas anak-anak di luar sekolah. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana sistem pendidikan full day school memengaruhi perkembangan sosial siswa, baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat. Penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk perbaikan sistem pendidikan atau memberikan rekomendasi kepada pihak-pihak yang terlibat dalam pendidikan untuk memaksimalkan manfaat positif dari full day school sambil meminimalkan dampak negatifnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Full Day School; Perkembangan Sosial; Keluarga; Masyarakat;
Subjects: Factors Affecting Social Behaviour
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rahmat Hidayat
Date Deposited: 07 Nov 2023 03:12
Last Modified: 07 Nov 2023 03:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81608

Actions (login required)

View Item View Item