Rahma Yanti, Aditya (2023) Konseling individu dengan pendekatan Islami untuk meningkatkan perilaku asertif siswa kelas XII : Penelitian di SMA Negeri Situraja Jalan Kaum nomor 14 Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (382kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (567kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
Abstract
Perilaku asertif sangat penting dalam kehidupan sehari-hari khususnya bagi siswa yang mayoritas waktunya dihabiskan di sekolah. Ketika siswa tidak mampu berperilaku asertif maka akan cenderung dirugikan oleh temannya begitupun siswa yang tidak mampu mengatakan kata tidak akan cenderung disepelekan oleh temannya, sehingga yang muncul adalah hubungan yang tidak harmonis antar siswa. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana program yang direncanakan, bagaimana proses yang dilakukan, serta bagaimana hasil yang di dapatkan dari pelaksanaan konseling individu dengan pendekatan Islami untuk meningkatkan perilaku asertif siswa kelas XII di SMA Negeri Situraja. Konseling Islami juga merupakan proses bantuan yang bersifat mental spiritual yang bersifat terarah dan sistematis bagi setiap individu agar dapat mengembangkan potensi fitrah beragama yang dimilikinya secara optimal sehingga dapat mencapai kebahagian hidup dunia dan akhirat. Pendekatan Islami yang diberikan ialah berupa muhasabah diri, membaca al-quran, melakukan sholat sunah, dan pemberian nasihat. Metode penelitian dalam pengumpulan data yang digunakan ialah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Digunakannya metode ini karena peniliti ingin menjelaskan tentang fenomena terkait. Hasil dari penelitian ini ialah adanya keberhasilan dalam proses pelaksanaan konseling individu dengan pendekatan Islami untuk meningkatkan perilaku asertif siswa kelas XII di SMA Negeri Situraja. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan dari yang mulanya tidak dapat tegas untuk menolak sesuatu yang tidak diinginkan menjadi lebih tegas untuk menolak sesuatu yang tidak diinginkan, dari yang bersifat pasif ketika berada dalam sebuah forum diskusi kelas menjadi lebih aktif dalam forum diskusi kelas, dan yang mulanya menutup diri dari lingkungannya sekarang lebih terbuka dengan lingkungannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling Individu; Pendekataan Islami; Perilaku Asertif Siswa Kelas XII |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Rahma Yanti Aditya |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 06:38 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 06:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81636 |
Actions (login required)
View Item |