Analisis Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Timur nomor 336/Pdt.G/2016/PN.Jkt.Tim tentang Wanprestasi terhadap perjanjian pengikatan jual beli

Fitriannisa, Iga Nadia (2023) Analisis Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Timur nomor 336/Pdt.G/2016/PN.Jkt.Tim tentang Wanprestasi terhadap perjanjian pengikatan jual beli. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (675kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf

Download (509kB) | Preview

Abstract

Terjadi wanprestasi dalam Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) yang dilakukan Penggugat dan Tergugat untuk sebuah Rumah Kantor, sehingga Penggugat memohon pada Pengadilan untuk menyatakan hak milik padahal menurut Pasal 37 ayat (1) PP No. 24 Tahun 1997 yang tentang Pendaftaran Tanah yang merupakan pengganti dari Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1961 jual beli tanah dan bangunan haruslah dilakukan dihadapan PPAT yang kemudian dibuktikkan dengan Akta Jual Beli (AJB) yang dibuat oleh PPAT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kedudukan hukum Perjanjian Pengikatan Jual Beli dalam jual beli tanah dan bangunan pada Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Timur nomor 336/Pdt.G/2016/PN.Jkt.Tim, (2) Pertimbangan hukum Hakim pada Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Timur nomor 336/Pdt.G/2016/PN.Jkt.Tim, (3) Analisis putusan Pengadilan Negeri Jakarta Timur nomor 336/Pdt.G/2016/PN.Jkt.Tim tentang wanprestasi terhadap pengikatan jual beli rumah kantor (rukan).Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptis analisis. mengumpulkan bahan hukum dan dihubungkan dengan Pasal 37 ayat (1) PP No. 24 Tahun 1997 yang tentang Pendaftaran Tanah terhadap Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Timur nomor 336/Pdt.G/2016/PN.Jkt.Tim tentang wanprestasi perjanjian pengikatan jual beli, dengan pendekatan penelitian studi kasus (case study). Hasil penelitian ini menunjukkan, Kedudukan hukum Akta Pengikatan Jual Beli sebagai perjanjian awal memiliki kekuatan mengikat walaupun belum mengalihkan hak atas tanah. Pengikatan jual beli merupakan kesepakatan yang dituangkan dalam bentuk akta Notaris sehingga secara patut mengikat kedua belah pihak dan memiliki kekuatan hukum yang kuat. Pertimbangan hokum hakim dalam dalam kasus tersebut adalah Pengikatan Jual Beli yang dibuat antara Penggugat dengan Tergugat adalah sah dan mengikat secara hukum. Majelis hakim berpendapat penggugat berhak atas objek hukum namun karena PPJB belum mengakibatkan berpindahnya hak milik maka tidak seketika calon pembeli dapat dinyatakan sebagai pemilik dari obyek PPJB.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perjanjian Pengikatan Jual Beli; Wanprestasi; Analisis Putusan
Subjects: Private Law
Private Law > Contracts
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Iga Nadia Fitriannisa
Date Deposited: 22 Nov 2023 04:13
Last Modified: 22 Nov 2023 04:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81656

Actions (login required)

View Item View Item