Iskilah, Reisa (2023) Hubungan antara penggunaan media Super Smart Kids dengan kemampuan berhitung anak usia dini : Penelitian korelasi di kelompok B1 RA Amal Bakti Kecamatan Cipadung Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (404kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi belum berkembangnya kemampuan berhitung anak di RA Amal Bakti Kota Bandung, seperti anak belum semuanya mampu membedakan lambang bilangan 1-20, belum semuanya mampu mencocokan jumlah bilangan dan lambang bilangan, dan belum semuanya mampu memahami konsep bilangan mengenai penjumlahan dan pengurangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penggunaan media super smart kids pada anak usia dini di kelompok B1 RA Amal Bakti Kecamatan Cipadung Kota Bandung;(2) Kemampuan berhitung pada anak usia dini di kelompok B1 RA Amal Bakti Kecamatan Cipadung Kota Bandung; (3) Hubungan antara penggunaan media super smart kids dengan kemampuan berhitung anak usia dini di kelompok B1 RA Amal Bakti Kecamatan Cipadung Kota Bandung. Kemampuan berhitung anak dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah dengan belajar menggunakan media super smart kids. Belajar menggunakan media super smart kids ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak, contohnya dengan mengenalkan konsep bilangan, mengenalkan lambang bilangan, mengenalkan simbol angka, dan mengenalkan bentuk-bentuk geometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Subjek pada penelitian ini adalah kelompok B1 RA Amal Bakti Kecamatan Cipadung Kota Bandung sebanyak 10 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan unjuk kerja. Hasil analisis data menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa penggunaan media super smart kids memperoleh nilai rata-rata sebesar 66,5. Angka ini berada pada interval 60 – 69 dengan kategori cukup. Sedangkan kemampuan berhitung anak usia dini memperoleh nilai rata-rata 77,75. Angka ini berada pada interval 70 – 79 dengan kategori baik. Hubungan antara penggunaan media super smart kids dengan kemampuan berhitung anak usia dini memperoleh harga koefisien korelasi sebesar 0,78. Angka koefisien korelasi ini berada pada interval 0,60 – 0,80 dengan kategori baik. Hasil uji signifikan menunjukkan t_hitung=5,3>t_tabel=2,306. Artinya Ha (hipotesis alternatif) diterima dan Ho (hipotesis nol) ditolak. Dengan kata lain, penggunaan media super smart kids memiliki hubungan yang positif dengan kemampuan berhitung anak usia dini di RA Amal Bakti Kota Bandung. Adapun kontribusi penggunaan media super smart kids terhadap kemampuan berhitung anak usia dini sebesar 60,84%. Artinya, masih ada 39,16% faktor lain yang mempengaruhi kemampuan berhitung anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berhitung; anak usia dini; super smart kids |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Reisa Eca Iskilah |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 04:05 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 04:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81663 |
Actions (login required)
View Item |