Profil kemampuan literasi sains siswa pada materi Virus

Ulfah, Nur Fitri Badriani (2023) Profil kemampuan literasi sains siswa pada materi Virus. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy

Abstract

Literasi sains merupakan salah satu aspek penting dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan, secara langsung berhubungan dengan membangun generasi baru yang memiliki pemikiran, serta sikap ilmiah yang kuat agar dapat efektif mengkomunikasikan ilmu dan mengolah bukti-bukti ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil kemampuan literasi sains siswa pada materi virus, dan perbedaan kemampuan literasi sains pada siswa laki-laki dan siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan di MAN 1 Bandung Kabupaten Bandung. Data dikumpulkan melalui soal tes kemampuan literasi sains siswa dan angket respon siswa terhadap kendala mengerjakan soal tes. Sampel yang digunakan sebanyak 161 siswa kelas X. Hasil tes kemampuan literasi sains siswa dalam bentuk pilihan ganda secara keseluruhan, mendapatkan hasil 7% siswa berada pada kategori sangat baik, 10% siswa pada kategori baik, 51% siswa pada kategori cukup dan 32% siswa pada kategori kurang. Hasil tes kemampuan literasi sains pada siswa laki-laki diperoleh data 5% berada pada kategori sangat baik, 12% pada kategori baik, 49% pada kategori cukup dan 34% pada kategori kurang. Sementara pada siswa perempuan diperoleh data 6% berada pada kategori sangat baik, 9% pada kategori baik, 54% pada kategori cukup dan 31% pada kategori kurang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan literasi sains; perbedaan hasil tes siswa; materi virus;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Diseases
Diseases > Bacterial and Viral Diseases
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Fitri Badriani Ulfah
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:32
Last Modified: 07 Nov 2023 07:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81676

Actions (login required)

View Item View Item