Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan Articulate Storyline untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi fluida dinamis

Afifah, Nurlailatul (2023) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan Articulate Storyline untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi fluida dinamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)

Abstract

Media pembelajaran interaktif berbantuan Articulate Storyline adalah suatu media yang mengarahkan peserta didik untuk dapat belajar secara mandiri dengan penyajian yang menarik dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Kelayakan media pembelajaran interaktif berbantuan Articulate Storyline, 2) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran, 3) Peningkatan keterampilan literasi sains peserta didik di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Purwakarta dengan sampel sejumlah 30 orang. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE. Hasil penelitian ini adalah 1)Media pembelajaran interaktif berbantuan Articulate Storyline layak digunakan sebagai media yang bisa digunakan peserta didik untuk belajar berdasarkan hasil dari 2 validator ahli media dan 2 validator ahli materi memiliki rata-rata persentase 85,12% dengan kriteria layak, dan respon peserta didik terhadap media sebesar 80% dengan kriteria baik, 2) Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbantuan Articulate Storyline dikategorikan efektif dengan persentase 77% berdasarkan kriteria pengukuran keterlaksanaan AABTLT with SAS, 3) Peningkatan literasi sains peserta didik pada materi fluida dinamis memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,59 dengan kriteria sedang berdasarkan hasil penggunaan media pembelajaran interaktif berbantuan Articulate Storyline.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Articulate storyline;fluida dinamis;literasi sains;media pembelajaran interaktif
Subjects: Education
Education > Dictionaries and Encyclopedia of Education
Education > Organization of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Nurlailatul Afifah
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:41
Last Modified: 07 Nov 2023 08:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81732

Actions (login required)

View Item View Item