Penerapan pendekatan Joyful Learning berbantuan Wordwall untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan disposisi matematis siswa : Penelitian kuasi eksperimen di kelas X SMA Muhammadiyah 4 Bandung

Rabbani, Muhammad Iqra (2023) Penerapan pendekatan Joyful Learning berbantuan Wordwall untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan disposisi matematis siswa : Penelitian kuasi eksperimen di kelas X SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.docx.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan representasi matematis siswa menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Oleh sebab itu pembelajaran menyenangkan atau Joyful Learning menjadi alternatif agar siswa merasa nyaman dalam pembelajaran matematika dan menumbuhkan rasa percaya diri yang ada dalam salah satu indikator disposisi matematis. Tujuan penelitian ini : (a). Untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan representasi matematis siswa melalui pendekatan Joyful Learning berbantuan Wordwall lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menerima pembelajaran konvensional, (b). Untuk mengetahui disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran melalui pendekatan Joyful Learning berbantuan Wordwall. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan desain yakni The Nonequivalent Pretest-Postest Control Group Design. Penelitian ini terlaksana di kelas X SMA Muhammadiyah 4 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024. Hasil penelitian ini yaitu: (a). Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa melaui pendekatan Joyful Learning berbantuan Wordwall lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional, (b). Disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran melalui pendekatan Joyful Learning berbantuan Wordwall memiliki respon positif yang tinggi berdasarkan presentase.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Joyful Learning; Representasi matematis; Disposisi matematis; Wordwall;
Subjects: Data Processing, Computer Science
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics
Applied mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Rabbani Muhammad Iqra
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:13
Last Modified: 07 Nov 2023 08:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81733

Actions (login required)

View Item View Item