Pemberdayaan ekonomi masyarakat desa Pangalengan melalui pasar wisata

Lathifah, Syifa (2023) Pemberdayaan ekonomi masyarakat desa Pangalengan melalui pasar wisata. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan ekonomi merupakan salah satu langkah dalam meningkatkan taraf kehidupan masyarakat serta menjadi salah satu acuan dalam mengembangkan kemampuan dan kesejahteraan masyarakatnya. Latar belakang penelitian ini adalah keberhasilan dalam menciptakan inovasi berupa rencana berkelanjutan Desa Pangalengan dalam meningkatkan taraf kehidupan dan pendapatan mayoritas warganya yang berprofesi sebagai pedagang yaitu dengan pembentukan Pasar Wisata Desa Pangalengan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemberdayaan ekonomi warga Desa Pangalengan, mengetahui keterlibatan pemerintah Desa Pangalengan dalam pembentukan pasar wisata serta untuk mengetahui dampak dari adanya pemberdayaan ekonomi warga Desa Pangalengan melalui pasar wisata mencakup dampak bagi pemerintah desa hingga dampak pada lingkungan sekitar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Tindakan Sosial Max Weber mengenai Rasionalitas Instumental (Zweck Rationalitat). Teori ini mengemukakan bahwa dalam suatu tindakan sosial harus melibatkan segala pemikiran yang rasional dan logis, sehingga dalam realisasinya tidak akan pernah terlepas dari berbagai pertimbangan, tujuan yang ingin dicapai dan alat dalam mencapai tujuan-tujuan tersebut. Teori ini digunakan untuk menganalisis langkah dan dampak dari adanya pemberdayaan ekonomi warga Desa Pangalengan melalui pasar wisata. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer berupa hasil wawancara dengan pihak Aparat Desa Pangalengan, pedagang pasar wisata dan warga sekitar menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sumber data sekunder pada penelitian ini berupa Dokumen Desa Pangalengan Tahun 2022, rekaman hasil wawancara serta foto hasil observasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan ekonomi yang telah dilaksanakan di Desa Pangalengan berupa pemanfaatan Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) dan pembangunan Pasar Wisata Desa Pangalengan. Pembangunan pasar wisata ini bekerjasama dengan PT. Armani Agro Sukses melalui sistem Bangun Guna Serah. Dampak positif adanya pemberdayaan ekonomi melalui pembangunan pasar wisata adalah meningkatnya Pendapatan Asli Desa (PADes), pendapatan pedagang pasar dan warga sekitar. Dampak negatif yang diberikan adalah tersumbatnya aliran air karena drainase yang buruk disebabkan oleh pembangunan pasar wisata ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi;Pasar Wisata;Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM);Pemerintah Desa Pangalengan;Warga Desa Pangalengan
Subjects: Change
Commerce, Trade > Retail Trade
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Syifa Lathifah Salamah
Date Deposited: 08 Nov 2023 00:42
Last Modified: 08 Nov 2023 00:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81736

Actions (login required)

View Item View Item