Manajemen sumber daya manusia hubungannya dengan peningkatan kompetensi tenaga kependidikan: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten dan Kota Bandung

Lesmana, Yoga (2023) Manajemen sumber daya manusia hubungannya dengan peningkatan kompetensi tenaga kependidikan: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten dan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan ke Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten dan Kota Bandung, fenomena yang ada dilapangan yaitu diantaranya adalah masih kurangya tenaga kependidikan sehingga pekerjaan tidak efektif, masih ada tenaga kependidikan yang tidak sesuai dengan lulusanya sehingga kurang kompeten, masih adanya tenaga kependidikan yang kurang dalam menguasai ilmu teknologi sehingga pekerjaan tidak berlangsung efektif dan efesien. Salah satu alasan adanya manajemen sumber daya manusia yang diterapkan kepada tenaga kependidikan, diharapkan madrasah memiliki tenaga kependidikan yang ahli dan sesuai dengan kebutuhan madrasah. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan studi penelitian mengenai Manajemen Sumber Daya Manusia Hubungnya dengan Peningkatan Kompetensi Tenaga Kependidikan di Madrasah se-Kabupaten Dan Kota Bandung. Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui manajemem sumber daya manusia di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten dan Kota Bandung. 2) Untuk mengetahui kompetensi tenaga kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten dan Kota Bandung. 3) Untuk mengetahui hubungan manajemen sumber daya mansusia dengan kompetensi tenaga kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten dan Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan terhadap 42 tenaga kependidikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/kuesioner. Analisis data dilakukan dengan tahapan analisis instrument (validitas dan reliabilitas), analisis parsial per indikator (uji realitas variabel X dan uji realitas variabel Y) analisis korelasi (uji normalitas, uji linieritas, uji korelasi, uji determinasi). Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan antara Manajemen Sumber Daya Manusia dan Peningkatan Kompetensi Tenaga Kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten dan Kota Bandung, dengan koefisien korelasi yang diperoleh yaitu 0,700 artinya bahwa variabel x dengan variabel y memiliki korelasi dengan derajat hubungan pada tigkat kekuatan yang “Kuat” karena berada pada kategori 0,61 s/d 0,80 dan bentuk hubungannya positif. Dikatakan positif karena semakin tinggi Manajemen Sumber Daya Manusia, maka semakin tinggi Peningkatan Kompetensi Tenaga Kependidikan. Kemudian koefisien korelasi (R Square) sebagaimana tabel 4.20 menunjukan angka sebesar 0,490 yang artinya bahwa terdapat Hubungan yang cukup tinggi antara variabel X (Manajemen Sumber Daya Manusia) dengan variabel Y (Peningkatan Kompetensi Tenaga Kependidikan) sebesar 24%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen SDM;Kompetensi;Tenaga Kependidikan
Subjects: General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Depositing User: Yoga Lesmana
Date Deposited: 08 Nov 2023 01:27
Last Modified: 08 Nov 2023 01:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81777

Actions (login required)

View Item View Item