Pengaruh model problem based learning berbantu media video powtoon terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem ekskresi

Rojak, Abdul (2023) Pengaruh model problem based learning berbantu media video powtoon terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)

Abstract

Hasil belajar kognitif merupakan salah satu dari tiga jenis hasil belajar yang diukur dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning berbantu media video Powtoon terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem ekskresi. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimental dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, dengan menggunakan soal C1 sampai C4 yang telah divalidasi. Analisis data menggunakan uji parametrik melalui program SPSS versi 26. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen untuk pretest sebesar 39,50 dan posttest sebesar 77,83 dengan hasil N-Gain sebesar 0,62 dengan kategori sedang. Sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata-rata pretest sebesar 46,50 dan postetts sebesar 71,00 dengan hasil N-Gain sebesar 0,45 dengan kategori sedang. Data uji hipotesis memperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,005 < 0,05 maka H0 ditolak H1 diterima sehingga terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantu media video Powtoon terhadap hasil belajar kognitif siswa. Dengan demikian model Problem Based Learning berbantu media video Powtoon berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem ekskresi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar kognitif; problem based learning; powtoon; sistem ekskresi;
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Abdul Rojak Rojak
Date Deposited: 09 Nov 2023 04:16
Last Modified: 09 Nov 2023 04:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81813

Actions (login required)

View Item View Item