Penerapan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan media Vlog untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi Kimia Unsur Transisi

Rizki, Rosdiana Sri (2023) Penerapan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan media Vlog untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi Kimia Unsur Transisi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTAK)
ABSTRAK.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa saat penerapan model pembelajaran flipped classroom pada materi kimia unsur transisi dan menganalisis kemampuan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran flipped classroom. Metode pre-eksperimen digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dirancang sebagai satu kelompok pre-test-post-test dengan sampel satu kelas sebagai subjeknya. Aktivitas peserta didik di rumah yaitu dengan membuat resume dari hasil pengamatan pada video pembelajaran mengenai materi kimia unsur transisi. Ketercapaian peserta didik dalam mengerjakan resume dikatakan baik dengan presentase sebesar 70% dari 10 peserta didik. Hasil belajar peserta didik secara daring selama penerapan model pembelajaran flipped classroom dapat diukur dengan instrumen penelitian berupa lembar kerja peserta didik dan soal posttest pada materi kimia unsur transisi. rata-rata hasil pengerjaan lembar kerja peserta didik sebesar 80,16 dengan kategori sangat baik, sedangkan pada soal posttest materi kimia unsur transisi secara keseluruhan dengan nilai ratarata 70,75. Dengan demikian secara keseluruhan berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat dilihat bahwa rata-rata yang diperoleh siswa tergolong kategori tinggi yang menunjukan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan dalamkemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: flipped classroom; vlog; kimia unsur transisi;
Subjects: Chemistry and Allied Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: rosdiana sri rizki
Date Deposited: 13 Nov 2023 00:38
Last Modified: 13 Nov 2023 00:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82001

Actions (login required)

View Item View Item