Pengaruh penganggaran dan sarana prasarana terhadap mutu proses pendidikan Madrasah Aliyah : Penelitian 3 Madrasah Aliyah di Kota Cimahi

Zannah, Dila Nurlaila (2023) Pengaruh penganggaran dan sarana prasarana terhadap mutu proses pendidikan Madrasah Aliyah : Penelitian 3 Madrasah Aliyah di Kota Cimahi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta kurang tepatnya penyelenggaraan sekaligus penempatan penanggungjawab proses penganggaran manajemen pembiayaan, kurang terakomodirnya sarana prasarana secara menyeluruh serta mutu proses pendidikan belum merata bahkan belum mencapai standar. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh penganggaran terhadap mutu proses pendidikan, pengaruh sarana prasarana terhadap mutu proses pendidikan dan pengaruh penganggaran dan sarana prasarana terhadap mutu proses pendidikan. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi uji T dan uji F. Hasil penelitian pada uji hipotesis pertama menunjukkan ada pengaruh penganggaran terhadap mutu proses pendidikan di MAN Kota Cimahi, MA Multiteknik Asih Putera dan MA Miftahuussa’adah dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 pada setiap perhitungan. Pada MAN Kota Cimahi penganggaran memberikan pengaruh sebesar 59,5% terhadap mutu proses, pada MA Multiteknik Asih Putera penganggaran memberikan pengaruh sebesar 55% terhadap mutu proses dan pada MA Miftahussa’adah penganggaran memberikan pengaruh sebesar 55,5% terhadap mutu proses. Hasil uji hipotesis kedua menunjukkan ada pengaruh sarana prasarana terhadap mutu proses pendidikan di MAN Kota Cimahi, MA Multiteknik Asih Putera dan MA Miftahuussa’adah dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 pada setiap perhitungan. Pada MAN kota Cimahi sarana prasarana memberikan pengaruh sebesar 73,9% terhadap mutu proses, pada MA Asih Putera sarana prasarana memberikan pengaruh sebesar 67,9% terhadap mutu proses dan pada MA Miftahussa’adah sarana prasarana memberikan pengaruh sebesar 67,9% terhadap mutu proses. Hasil uji hipotesis ketiga menunjukkan ada pengaruh penganggaran dan sarana prasarana terhadap mutu proses pendidikan di MAN Kota Cimahi, MA Multiteknik Asih Putera dan MA Miftahuussa’adah dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 pada setiap perhitungan. Pada MAN Kota Cimahi mendapat penganggaran dan sarana prasarana secara bersama sama memberikan pengaruh sebesar 79,4% terhadap mutu proses, pada MA Multiteknik Asih Putera penganggaran dan sarana prasarana secara bersama sama memberikan pengaruh sebesar 74,5% terhadap mutu proses dan pada MA Miftahussa’adah penganggaran dan sarana prasarana secara bersama sama memberikan pengaruh sebesar 93,9% terhadap mutu proses. Kesimpulan penelitian ada pengaruh penganggaran dan sarana prasarana terhadap mutu proses pendidikan di Madrasah Aliyah. Kepala MA, Bendahara dan Bagian sarana prasarana perlu bekerjasama dan meningkatkan kualitas diri untuk menjaga dan meningkatkan mutu proses pendidikan di Madrasah Aliyah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penganggaran; Sarana Prasarana; Mutu Proses Pendidikan; Madrasah Aliyah
Subjects: Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dila Nurlaila Zannah
Date Deposited: 23 Nov 2023 07:15
Last Modified: 23 Nov 2023 07:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82090

Actions (login required)

View Item View Item