Tinjauan fiqh ijarah terhadap hak pengupahan perempuan dihubungkan dengan hukum positif di Indonesia : Studi kasus di PT Testex Testing and Certification, Wisma Bumi Putera, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung

Aulia, Salma Hilyatul (2023) Tinjauan fiqh ijarah terhadap hak pengupahan perempuan dihubungkan dengan hukum positif di Indonesia : Studi kasus di PT Testex Testing and Certification, Wisma Bumi Putera, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text (BAb II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)

Abstract

Latar belakang seorang wanita dalam memilih dan memutuskan untuk menjadi wanita karir, beberapa hal yang dipikirkan adalah untuk mempersiapkan diri dalam keadaan darurat secara finansial dan untuk menghadapi biaya hidup yang terus melambung. Sehingga dapat kita lihat sekarang bahwa menjadi wanita karir bukan lagi menjadi hal yang tabu dan mayoritas wanita saat ini memiliki orientasi untuk menjadi wanita karir. Islam sendiri sebenarnya tidak melarang seorang wanita untuk bekerja namun perlu diperhatikan bahwa islam memiliki aturan-aturan dan batasan-batasan yang jelas bagi laki-laki dan perempuan. Islam juga sangat menegaskan peran wanita sebagai seorang istri dan seorang ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan fiqh ijarah terhadap mekanisme pengupahan pekerja perempuan di PT. Testex Testing and Certification. Mengetahui aturan hukum positif di Indonesia tentang pengupahan pekerja khususnya bagi pekerja perempuan. Mengetahui mekanisme pengupahan dan pemenuhan hak pekerja di PT. Testex Testing and Certification khususnya bagi pekerja perempuan. Metode yang digunakan didalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Dimana hak pekerja perempuan yang dilakukan di PT. Testex Testing and Certification apakah sudah sesuai dengan hukum posisitf yang berlaku di Indonesia dan sesuai dengan konsep fiqh ijarah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) PT. Testex Testing and Certification belum melaksanakan konsep fiqh ijarah dikarenakan kurangnya pemahaman karyawan dan pihak perusahaan mengenai aturan tersebut. 2) PT. Testex Testing And Certification memberikan upah pokok yangsudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2022 tentang Ciptakerja. Adapun pembayaran upah dalam masa cuti juga tetap dilaksanakan sesuai dengan pasal 84 Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 yang menyatakan bahwa tenaga kerja yang sedang dalam masa cuti tetap berhak mendapatkan gaji atau upah secara penuh. 3) Walaupun telah melaksanakan Undang-Undang Cipta Kerja namun masih terdapat keluhan dari para tenaga kerja yang tidak disadari oleh pihak perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ijarah; Upah; Hak Pekerja Perempuan
Subjects: Islam > Islam and Economics
Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial
Econmics
Econmics > Economic Situation and Conditions in Indonesia
Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Salma Hilyatul Aulia
Date Deposited: 14 Nov 2023 09:03
Last Modified: 14 Nov 2023 09:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82147

Actions (login required)

View Item View Item