Implementasi fungsi pengorganisasian ikatan pemuda masjid dalam meningkatkan kegiatan keagamaan : Studi deskriptif masjid Nurul Falah Kec. Lengkong Kota Bandung

Hidayat, TAUFIK RAHMAN (2023) Implementasi fungsi pengorganisasian ikatan pemuda masjid dalam meningkatkan kegiatan keagamaan : Studi deskriptif masjid Nurul Falah Kec. Lengkong Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (847kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)

Abstract

Organisasi IPMA Nufa (Ikatan Pemuda Masjid Nurul Falah) adalah organisasi pemuda di masjid yang memiliki potensi besar untuk memakmurkan masjid dan meningkatkan kegiatan keagamaan di lingkungan masjid. Meski banyaknya para remaja dan pemuda selalu sibuk dengan kehidupan dunianya, tetapi masih banyak pemuda yang ingin berpatisipasi di Organisasi Keagamaan, seperti Organisasi IPMA Nufa. Namun, seperti banyaknya organisasi seperti IPMA Nufa dalam menjalankan kegiatannya, menghadapi berbagai tantangan dalam mengorganisasi sumber daya dan potensi yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengorganisasian di IPMA Nufa dengan fokus pada (1) pembagian kerja, (2) Departementalisasi, (3) rentang kendali, dan (4) pendelegasian wewenang dan tanggung jawab. Peneltiian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses pembagian kerja yang dilakukan di IPMA Nufa, (2) penerapan Departementalisasi yang dilakukan di IPMA Nufa, (3) Penerapan rentang kendali yang dilakukan di IPMA Nufa, (4) proses pendelegasian wewenang dan tanggung jawab yang dilakukan di IPMA Nufa. Yang mana semuanya berorientasi dalam meningkatkan kegiatan keagamaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang memiliki kemampuan untuk mengungkap dan menganalisis fenomena empiris yang terjadi dalam situasi lapangan. Yang memanfaatkan tiga metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi. IPMA Nufa telah menerapkan pengorganisasian yang sesuai dengan teori Gibson dan kawan-kawan dapat disimpulkan bahwa proses pengorganisasian meliputi pembagian kerja, Departementalisasi, rentang kendali, pendelegasian wewenang dan tanggung jawab. Dalam hasil penelitian, Organisasi IPMA Nufa menunjukkan bahwa pengorganisasian yang terstruktur. Pembagian kerja terdokumentasi dengan jelas, dan tugas serta tanggung jawab didefinisikan secara khusus untuk setiap anggota guna mendukung keberhasilan organisasi. Terdapat kolaborasi yang efektif antar departemen untuk mencapai tujuan bersama, sementara pemimpin atau koordinator departemen memastikan kepemimpinan dalam setiap sektor. Organisasi ini bersifat dinamis dengan perubahan kepengurusan yang sesuai dengan kebutuhan, serta pengawasan yang diterapkan oleh Ketua untuk memantau aktivitas anggota. Selain itu, komunikasi rutin dan pendelegasian wewenang yang efisien menjadikan organisasi ini mampu mengatasi tingkat kerumitan dalam menjalankan kegiatan keagamaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ikatan Pemuda Masjid; Kegiatan Keagamaan; Pengorganisasian;
Subjects: Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Masjid
General Management > Organizations
Athletic and Outdoor Sports > Organizations, Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Taufik Rahman Hidayat
Date Deposited: 14 Nov 2023 08:41
Last Modified: 14 Nov 2023 08:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82150

Actions (login required)

View Item View Item