Pengaruh evaluasi kinerja terhadap prestasi kerja : Studi deskriptif pada Pegawai Negeri Sipil di Kantor Kementerian Agama Kota Bandung

Paramita, Siti Ashifa Amiya (2023) Pengaruh evaluasi kinerja terhadap prestasi kerja : Studi deskriptif pada Pegawai Negeri Sipil di Kantor Kementerian Agama Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh evaluasi kinerja dengan prestasi kerja yang memiliki masalah utama yaitu kurangnya kesadaran pegawainya itu sendiri seperti ketepatan waktu, motivasi, penempatan kerja yang tidak sesuai antara tugas tanggung jawabnya dengan latar belakang pendidikannya, serta belum optimalnya profesionalisme dan kompetensi kerja, hal ini dibuktikan karena tidak semua pegawai mendapat haknya untuk mengikuti diklat. Sehingga dengan adanya evaluasi kinerja dapat menghasilkan kinerja pegawai sesuai standar yang diinginkan. Melihat dari latar belakang permasalahan yang ada maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh evaluasi kinerja terhadap prestasi kerja Pegawai Negeri sipil di Kantor Kementerian Agama Kota Bandung. Pada penelitian ini dengan mengaplikasikan teori berdasarkan tujuan evaluasi kinerja yang dikemukakan oleh Ivan Cevih diantaranya yaitu pengembangan, pemberian reward, perencanaan SDM, motivasi, kompensasi, dan komunikasi terhadap kuantitas, kualitas, ketepatan waktu, dan kerja sama. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif pendekatan deskriptif, dengan mengkaji teori tertentu yang sudah ada dengan cara meneliti hubungan antar variabel yang kemudian data hasil diukur menggunakan instrumen penelitian yang sesuai dengan prosedur statistik, dan pengujian data menggunakan SPSS V22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh evaluasi kinerja terhadap prestasi kerja sebesar 48,8% dan 51,2% pengaruh lainnya seperti perilaku pegawai, faktor lingkungan internal dan eksternal. Adanya hubungan antara pengembangan dengan kualitas, motivasi dengan kerjasama, perencanaan SDM dengan kuantitas. Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam evaluasi kinerja yaitu masih terdapatnya penilaian yang bersifat subjektif, serta komunikasi yang kurang baik sehingga pegawai merasa kurang termotivasi dalam melakukan pekerjaan. Usaha yang dilakukan pihak Kantor Kementerian gama Kota Bandung yaitu dengan pimpinan berusaha semaksimal mungkin melakukan penilaian sesuai dengan Permenpan rb No 6 tahun 2022, serta mengusahakan untuk datang ke kantor setiap harinya untuk mengontrol kinerja pegawai sehingga dapat terjalinnya komunikasi yang baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Kinerja; Prestasi Kerja; Kinerja PNS
Subjects: Labor Economics > Labor Force, Employee
Public Administration
Public Performances
Public Performances > Management of Public Performances
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Siti Ashifa Amiya Paramita
Date Deposited: 15 Nov 2023 03:00
Last Modified: 17 Nov 2023 04:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82191

Actions (login required)

View Item View Item