Penggunaan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan media Power Point interaktif dan video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MI : Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Matla’ul Atfal

Yulianti, Yora Fuji (2023) Penggunaan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan media Power Point interaktif dan video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MI : Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Matla’ul Atfal. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (992kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan dalam proses pembelajaran IPA di kelas V MI Matla’ul Atfal, bahwa pada saat pembelajaran berlangsung siswa cenderung kurang bersemangat, kurang aktifnya dalam pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran yang masih menggunakan ceramah dan tanya jawab, hasil belajar IPA kurang, antusias belajar IPA masih rendah, model yang digunakan kurang tepat, akibatnya hasil belajar IPA siswa rendah hanya 41,6% yang mencapai nilai KKM (70). Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan : 1) Hasil belajar siswa sebelum penggunaan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan media PPT interaktif dan video pembelajaran, 2) Gambaran kegiatan pembelajaran dalam penggunaan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan media PPT interaktif dan video pembelajaran pada setiap siklusnya, 3) Peningkatan hasil belajar siswa setelah penggunaan model Flipped Classroom berbantuan media PPT interaktif dan video pembelajaran, 4) Hasil belajar siswa setelah seluruh siklus dilaksanakan dengan penggunaan Flipped Classroom berbantuan media PPT interaktif dan video pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan campuran (mix method) yaitu kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni analisis tes, lembar observasi serta verifikasi dan simpulan data. Hasil penelitian diperoleh : 1) Hasil belajar siswa pada tahap sebelum penggunaan model Flipped Classroom berbantuan media PPT interaktif dan video pembelajaran pada mata pelajaran IPA kelas V MI Matla’ul Atfal memperoleh nilai rata-rata 45 dengan ketuntasan klasikal 22% termasuk dalam kategori kurang. 2) Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom memperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I 68% dengan kategori baik, kemudian pada siklus II meningkat sebesar 87% dengan kategori sangat baik. Sedangkan untuk aktivitas guru pada siklus I 73% dengan kategori baik, kemudia siklus II meningkat sebesar 91% dengan kategori sangat baik. 3) Peningkatan hasil belajar siswa setelah digunakannya model pembelajaran Flipped Classroom mengalami peningkatan pada setiap siklusnya memperoleh nilai rata-rata 67 dengan ketuntasan klasikal 75% dengan kategori baik pada siklus I, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 82 dengan ketuntasan klasikal mencapai 95% dengan kategori sangat baik. 4) Hasil belajar setelah seluruh siklus dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom pada pasca siklus ini mengalami peningkatan dengan memperoleh nilai rata-rata 84 dengan ketuntasan klasikal sebesar 95% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, berdasarkan ketuntasan klasikal secara keseluruhan penelitian ini sudah mencapai ≥75 dari jumlah siswa yang mencapai KKM yakni sebesar 70. Dengan demikian dapat dsisimpulkan bahwa penggunaan model Flipped Classroom dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V MI Matla’ul Atfal

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom; Hasil Belajar; IPA
Subjects: Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yora Fuji Yulianti
Date Deposited: 15 Nov 2023 03:59
Last Modified: 15 Nov 2023 03:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82197

Actions (login required)

View Item View Item