Pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray berbantu Nearpod terhadap peningkatan hasil belajar pada materi Sistem Pertahanan Tubuh

Khoirunnisa, Aulia (2023) Pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray berbantu Nearpod terhadap peningkatan hasil belajar pada materi Sistem Pertahanan Tubuh. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kesulitan siswa dalam memahami materi sistem pertahanan tubuh yang berdampak pada rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantu Nearpod terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem pertahanan tubuh. Metode yang digunakan yakni metode kuasi eksperimen dengan jenis desain pretest and postest with non-equivalent control group design menerapkan dua kelas XI IPA 3 dan XI IPA 1 dengan subjek penelitian sebanyak 53 orang. Instrument penelitian yang digunakan berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 item. Data hasil belajar berupa nilai rata-rata pretest dan posttest kelas dengan menggunakan model TSTS berbantu Nearpod yaitu pretest 25,76 dan posttest 76,34 dengan N-Gain sebesar 0,68 kategori sedang, sedangkan nilai pretest dan posttest kelas tanpa menggunakan model TSTS berbantu Nearpod yaitu pretest 29,25 dan posttest 72,22 dengan N-Gain sebesar 0,60 kategori sedang. Uji hipotesis diperoleh dengan menggunakan uji Mann Whitney yaitu 0,016 < 0,05. Dapat disimpulkan model kooperatif TSTS berbantu Nearpod berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada materi sistem pertahanan tubuh. Hasil respon siswa terhadap model pembelajaran TSTS berbantu Nearpod memperoleh nilai rata-rata sebesar 76,24 kategori setuju. Berdasarkan penelitian, maka model TSTS berbantu Nearpod dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Model Two Stay Two Stray; Nearpod; Sistem Pertahanan Tubuh;
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Diseases > Diseases of Immune System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Aulia Khoirunnisa
Date Deposited: 17 Nov 2023 01:36
Last Modified: 17 Nov 2023 01:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82287

Actions (login required)

View Item View Item