Penerapan model pembelajaran generatif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa pada mata pelajaran IPS : Penelitian tindakan kelas di MI YPI Al-Islamiyah Kelas VI

Nurhidayat, Yulia Alfani (2023) Penerapan model pembelajaran generatif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa pada mata pelajaran IPS : Penelitian tindakan kelas di MI YPI Al-Islamiyah Kelas VI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (461kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan berdasarkan studi pendahuluan dalam pembelajaran IPS, ketika pembelajaran banyak siswa yang kemampuan komunikasinya belum mencapai KKM sehingga kemampuan komunikasi siswa masuk kepada kategori sangat kurang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) kemampuan komunikasi peserta didik kelas VI MI YPI Al�Islamiyah pada mata pelajaran IPS sebelum menggunakan model pembelajaran generatif, 2) Proses penerapan model pembelajaran generatif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik kelas VI MI YPI Al-Islamiyah pada mata pelajaran IPS di setiap siklusnya, 3) Peningkatan kemampuan komunikasi peserta didik kelas VI MI YPI Al-Islamiyah pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran generatif pada setiap siklusnya. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah mix method dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan tes unjuk kerja. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VI MI YPI Al-Islamiyah yang berjumlah 30 siswa. Kemampuan komunikasi siswa pada tahap pra-siklus sebelum diterapkannya model pembelajaran generatif pada pembelajaran IPS kelas VI MI YPI Al-Islamiyah belum terdapat siswa yang mencapai KKM yang ditentukan yakni 70 atau ketuntasan belajar siswa masih 0% dengan kategori sangat kurang. Adapun gambaran proses pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran generatif di kelas VI MI YPI Al-Islamiyah berjalan dengan baik disetiap siklusnya. Hal ini terlihat dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I aktivitas guru sudah mencapai 100% meskipun pada tindakan pertama mencapai 88,89%, namun pada siklus II dan III aktivitas guru mencapai 100% baik pada tindakan pertama maupun kedua. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 72,68%, pada siklus II mencapai 92%, dan pada siklus III mencapai 96,75%. Sementara itu kemampuan komunikasi siswa setelah menggunakan model pembelajaran generatif dalam proses pembelajaran IPS di kelas VI MI YPI Al-Islamiyah mengalami peningkatan yang cukup baik pada setiap siklusnya. Ketuntasan belajar yang diperoleh sebelum menerapkan model pembelajaran generatif pada tahap pra-siklus masih 0% dengan kategori sangat kurang, sedangkan pada siklus I mencapai 25,92% dengan kategori sangat kurang, kemudian pada siklus II mencapai 60% dengan kategori cukup, dan pada siklus III mencapai 81,48% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan ketuntasan klasikal secara keseluruhan penelitian ini sudah mencapai ≥75% dari jumlah siswa yang mencapai KKM yakni sebesar 81,48% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian penelitian ini telah berakhir pada siklus III karena pada siklus ini siswa yang memperoleh nilai di atas KKM sudah mencapai 81,48% dan ketuntasan klasikal siswa berada pada kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran generatif; kemampuan komunikasi siswa; mata pelajaran IPS;
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yulia Alfani Nurhidayat
Date Deposited: 17 Nov 2023 03:29
Last Modified: 17 Nov 2023 03:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82288

Actions (login required)

View Item View Item