Penerapan model pembelajaran Running Dictation untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VI MI Terpadu Ar-Rifqi

Adawiyah, Wilda Nur Aeni (2023) Penerapan model pembelajaran Running Dictation untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VI MI Terpadu Ar-Rifqi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang telah ditemukan dari hasil studi pendahuluan dalam proses pembelajaran pada saat siswa berbicara dalam bahasa inggris. Bahwa keterampilan berbicara siswa belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75 dan termasuk dalam kategori kurang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) keterampilan berbicara siswa sebelum menggunakan model Running Dictation. 2) proses penerapan model Running Dictation pada setiap siklus. 3) hasil keterampilan berbicara siswa setelah menggunakan model Running Dictation pada setiap siklus. 4) keterampilan berbicara siswa setelah seluruh siklus dilaksanakakan menggunakan model Running Dictation. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tiga siklus yang mana setiap siklusnya terdapat dua tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Terpadu Ar-Rifqi yang berjumlah 25 orang siswa. Adapun teknik pengambilan data yang digunakan yaitu tes unjuk kerja dan observasi. Keterampilan berbicara siswa kelas VI MI Terpadu Ar-Rifqi sebelum diberi tindakan memperoleh ketuntasan klasikal 32% dengan kategori kurang. Penerapan model Running Dictation berjalan dengan lancar sesuai dengan tahapannya. Aktivitas siswa dan guru mengalami peningkatan, pada siklus I aktivitas siswa mencapai 66% dengan kategori cukup, kemudian aktivitas siswa meningkat pada siklus II mencapai 83% dengan kategori baik dan pada siklus III aktivitas siswa mencapai 93% dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas guru pada siklus I mencapai 63% dengan kategori cukup, pada siklus II mencapai 87% dengan kategori sangat baik dan pada siklus III mencapai 100% dengan kategori sangat baik. Keterampilan berbicara siswa setelah menggunakan model Running Dictation meningkat setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 66 dengan ketuntasan klasikal 54% termasuk kategori kurang, pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 74 dan ketuntasan klasikal sebesar 71% dengan kategori baik dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 81 dengan perolehan ketuntasan klasikal sebesar 84% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan ketuntasan klasikal secara keseluruhan penelitian ini sudah mencapai ≥75% dari jumlah siswa yang mencapai KKM yakni sebesar 84% dengan kategori sangat baik. Dengan demikan menunjukan bahwa keterampilan berbicara siswa setelah diterapkannya model Running Dictation pada pembelajaran Bahasa Inggris mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Running Dictation; Keterampilan Berbicara; Bahasa Inggris
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wilda Nur Aeni Adawiyah
Date Deposited: 17 Nov 2023 04:47
Last Modified: 17 Nov 2023 04:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82289

Actions (login required)

View Item View Item