Azizah, Rofiatul (2023) Pengaruh model pembelajaran RADEC berbantu media Audio Visual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (301kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (882kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (696kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan dampak yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis. Akan tetapi, kemampuan berpikir kritis di Indonesia masih perlu ditingkatkan berdasarkan Programer for International Student Assesement (PISA), tahun 2015 Indonesia menduduki urutan ke 62 dengan skor 397 dengan total peserta 72 negara. Untuk itu diperlukan pembelajaran dikelas dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya, yang mudah dihapal sintaknya dan sesuai dengan karakteristik keterampilan Abad 21 salah satunya yaitu model pembelajaran RADEC berbantu media audio visual. Tujuan dari penelitian in yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC berbantu media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi. Penelitian ini dilakukan di MAN 4 Karawang pada tahun ajaran 2023/2024. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 53 siswa yang terdiri dari kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen (29 siswa) dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol (24 siswa) dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experimental dengan desain penelitian non-equivalent control group desain. Data penelitian diperoleh dari hasil pretest dan posttest yang didapat dari soal tes berupa uraian sebanyak 12 butir dengan indikator kemampuan berpikir kritis, lembar observasi dan angket respon siswa. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis, uji N-Gain serta uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,75 berkategori tinggi sedangkan nilai rata-rata N-Gain pada kelas kontrol yaitu sebesar 0,55 termasuk kategori sedang. Hasil analisis data pretest dan posttest menunjukkan terdapat data yang tidak berdistribusi normal sehingga dilanjutkan dengan uji Mann Whitney diperoleh nilai signifikansi 0,000<0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran RADEC berbantu media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kritis; RADEC; Sistem Reproduksi |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rofiatul Azizah |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 01:07 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 01:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82385 |
Actions (login required)
View Item |