Pengaruh model pembelajaran RADEC berbantu media Audio Visual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi

Azizah, Rofiatul (2023) Pengaruh model pembelajaran RADEC berbantu media Audio Visual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan dampak yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis. Akan tetapi, kemampuan berpikir kritis di Indonesia masih perlu ditingkatkan berdasarkan Programer for International Student Assesement (PISA), tahun 2015 Indonesia menduduki urutan ke 62 dengan skor 397 dengan total peserta 72 negara. Untuk itu diperlukan pembelajaran dikelas dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya, yang mudah dihapal sintaknya dan sesuai dengan karakteristik keterampilan Abad 21 salah satunya yaitu model pembelajaran RADEC berbantu media audio visual. Tujuan dari penelitian in yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC berbantu media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi. Penelitian ini dilakukan di MAN 4 Karawang pada tahun ajaran 2023/2024. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 53 siswa yang terdiri dari kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen (29 siswa) dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol (24 siswa) dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experimental dengan desain penelitian non-equivalent control group desain. Data penelitian diperoleh dari hasil pretest dan posttest yang didapat dari soal tes berupa uraian sebanyak 12 butir dengan indikator kemampuan berpikir kritis, lembar observasi dan angket respon siswa. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis, uji N-Gain serta uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,75 berkategori tinggi sedangkan nilai rata-rata N-Gain pada kelas kontrol yaitu sebesar 0,55 termasuk kategori sedang. Hasil analisis data pretest dan posttest menunjukkan terdapat data yang tidak berdistribusi normal sehingga dilanjutkan dengan uji Mann Whitney diperoleh nilai signifikansi 0,000<0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran RADEC berbantu media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis; RADEC; Sistem Reproduksi
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rofiatul Azizah
Date Deposited: 21 Nov 2023 01:07
Last Modified: 21 Nov 2023 01:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82385

Actions (login required)

View Item View Item