Wasih, Lisa Ayu (2023) Pengembangan media Avektor berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi vektor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (741kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (784kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (715kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) | Request a copy |
Abstract
Peserta didik harus mampu menggunakan kemampuannya dalam penguasaan pengetahuan dan konsep awal yang telah dipelajari untuk menemukan solusi dari permasalahan yang diberikan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media avektor berbasis problem based learning, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media avektor berbasis problem based learning, dan peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik setelah diberikan treatment. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Sampel penelitian yang digunakan yaitu peserta didik kelas X MIA MAS Manba’ul Huda Bandung. Instrumen penelitian berupa lembar validasi ahli media, ahli materi, dan ahli lapangan, lembar Student Activity Sheet (SAS), dan soal keterampilan pemecahan masalah. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, perhitungan SAS, N-Gain, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan persentase hasil penilaian media yaitu sebesar 74% dan persentase keterlaksanaan pembelajaran 77% dengan kategori efektif. Hasil nilai n-gain sebesar 0,61 dengan kategori sedang sehingga terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik setelah diberikan treatment berupa penggunaan media avektor berbasis problem based learning pada materi vektor.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media berbasis problem based learning; keterampilan pemecahan masalah; vektor |
Subjects: | Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lisa Ayu Wasih |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 08:07 |
Last Modified: | 24 Nov 2023 08:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82399 |
Actions (login required)
View Item |