Pengembangan media Avektor berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi vektor

Wasih, Lisa Ayu (2023) Pengembangan media Avektor berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi vektor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (741kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy

Abstract

Peserta didik harus mampu menggunakan kemampuannya dalam penguasaan pengetahuan dan konsep awal yang telah dipelajari untuk menemukan solusi dari permasalahan yang diberikan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media avektor berbasis problem based learning, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media avektor berbasis problem based learning, dan peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik setelah diberikan treatment. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Sampel penelitian yang digunakan yaitu peserta didik kelas X MIA MAS Manba’ul Huda Bandung. Instrumen penelitian berupa lembar validasi ahli media, ahli materi, dan ahli lapangan, lembar Student Activity Sheet (SAS), dan soal keterampilan pemecahan masalah. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, perhitungan SAS, N-Gain, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan persentase hasil penilaian media yaitu sebesar 74% dan persentase keterlaksanaan pembelajaran 77% dengan kategori efektif. Hasil nilai n-gain sebesar 0,61 dengan kategori sedang sehingga terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik setelah diberikan treatment berupa penggunaan media avektor berbasis problem based learning pada materi vektor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: media berbasis problem based learning; keterampilan pemecahan masalah; vektor
Subjects: Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Lisa Ayu Wasih
Date Deposited: 22 Nov 2023 08:07
Last Modified: 24 Nov 2023 08:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82399

Actions (login required)

View Item View Item