Penggunaan multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar Kognitif pada materi Suhu dan Kalor

Zahra, Zulfa Ayu (2023) Penggunaan multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar Kognitif pada materi Suhu dan Kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan peningkatan dan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan peningkatan dan perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik setelah digunakan multimedia interaktif pada model ECIRR dan model PBL tanpa multimedia interaktif pada materi suhu dan kalor. Metode yang digunakan yakni metode quasi experiment dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Kelas XI SMAN 3 Tasikmalaya sebagai populasi penelitian dengan sampel XI Mipa 5 sebagai kelas eksperimen dan XI Mipa 6 sebagai kelas kontrol berjumlah 34 peserta didik dipilih dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran tergolong efektif. Rata-rata N-Gain kelas eksperimen berkategori sedang sebesar 0,60 dan kelas kontrol berkategori sedang sebesar 0,51. Hasil uji hipotesis menggunakan independentt t-test menunjukkan nilai thitung (2,659) > ttabel (1,998), artinya terdapat perbedaan hasil belajar kognitif terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara peserta didik yang belajar dengan menggunakan multimedia interaktif pada model ECIRR kelas eksperimen dan model PBL tanpa multimedia interaktif kelas kontrol pada materi suhu dan kalor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kognitif; Multimedia Interaktif; Model ECIRR; Model PBL;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Zulfa Ayu Zahra
Date Deposited: 21 Nov 2023 01:10
Last Modified: 21 Nov 2023 01:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82402

Actions (login required)

View Item View Item