Zahra, Zulfa Ayu (2023) Penggunaan multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar Kognitif pada materi Suhu dan Kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (363kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan peningkatan dan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan peningkatan dan perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik setelah digunakan multimedia interaktif pada model ECIRR dan model PBL tanpa multimedia interaktif pada materi suhu dan kalor. Metode yang digunakan yakni metode quasi experiment dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Kelas XI SMAN 3 Tasikmalaya sebagai populasi penelitian dengan sampel XI Mipa 5 sebagai kelas eksperimen dan XI Mipa 6 sebagai kelas kontrol berjumlah 34 peserta didik dipilih dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran tergolong efektif. Rata-rata N-Gain kelas eksperimen berkategori sedang sebesar 0,60 dan kelas kontrol berkategori sedang sebesar 0,51. Hasil uji hipotesis menggunakan independentt t-test menunjukkan nilai thitung (2,659) > ttabel (1,998), artinya terdapat perbedaan hasil belajar kognitif terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara peserta didik yang belajar dengan menggunakan multimedia interaktif pada model ECIRR kelas eksperimen dan model PBL tanpa multimedia interaktif kelas kontrol pada materi suhu dan kalor.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kognitif; Multimedia Interaktif; Model ECIRR; Model PBL; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Zulfa Ayu Zahra |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 01:10 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 01:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82402 |
Actions (login required)
View Item |