Pengembangan potensi wisata religi dan fungsi sosial keagamaan Situs Makam Raden Saleh di Desa Empang Kota Bogor tahun 1923-2022

Puspitasari, Pirliyana (2023) Pengembangan potensi wisata religi dan fungsi sosial keagamaan Situs Makam Raden Saleh di Desa Empang Kota Bogor tahun 1923-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAfTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)

Abstract

Pariwisata yang hakikatnya ialah sebuah proses perjalanan seseorang atau lebih, menuju tempat lain dari luar tempat tinggalnya, Dorongan kepergiaannya dikarenakan oleh berbagai kepentingan, baik karena kepentingan ekonomi, sosial, kebudayaan, politik, agama, kesehatan, maupun kepentingan lainnya. Sosial keagamaan ialah sekurang-kurang mempunyai nilai Islamiyahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan siapa sosok Raden Saleh, sejarah awal ditemukannya kembali makam Raden Saleh dan dampak sosial keagamaan situs makam Raden Saleh terhadap masyarakat desa Empang sejak ditemukannya kembali makam Raden Saleh, sejak itu pula barulah terjadi bentuk tradisi dan perkembangannya baik dalam bentuk pengajian maupun wisata religi (ziarah) Penelitian ini menggunakan metode sejarah, yang terdiri dari empat langkah yaitu: Heuristik, Kritik, Interpretasi, dan Historiografi. Historiografi menjadi tahap akhir dari metode penelitian sejarah, kemampuan peneliti dalam memahami teori dan metode yang digunakan akan berdampak pada akhir penulisan. Karena itu penulis bekerja keras hingga menghasilkan sebuah karya ilmiah. Hasil dari penelitian in menjelaskan bahwa setelah ditemukannya kembali makam Raden Saleh membuat nama Raden Saleh kembali menjadi lebih dikenal banyak orang setempat, yang pada akhirnya banyak orang berdatangan untuk berziarah maupun hanya sekedar ingin lebih mengenal Raden Saleh, dengan perkembangannya zaman menjadi lebih banyak lagi pengunjung yang berdatangan, akan tetapi untuk mengenai kegiatan yang ada di makam Raden Saleh baru terlaksanakan secara besar-besaran setelah pembangun joglo pada makam Raden Saleh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Wisata Religi; Raden Saleh; Keagamaan
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: pirliyana puspitasari puspitasari
Date Deposited: 04 Dec 2023 07:09
Last Modified: 04 Dec 2023 07:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82482

Actions (login required)

View Item View Item