Pengaruh metode pembelajaran Braiding & Greeting terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian quasy eksperimen pada kelas XI SMA Negeri 26 Bandung

Agung, M. Adlha Raya (2023) Pengaruh metode pembelajaran Braiding & Greeting terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian quasy eksperimen pada kelas XI SMA Negeri 26 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah penulis lakukan di SMAN 26 Bandung, dalam proses pembelajaran mata pelajaran PAI khususnya kelas XI dilakukan berbagai upaya metode dalam peningkatan motivasi belajar siswa namun hasil belum mencapai yang diinginkan, keaktifan siswa tidak merata, oknum siswa keluar kelas saat guru sedang mengajar namun tidak kunjung kembali, tidak mengerjakan tugas, dan kategori motivasi belajar yang dalam kategori sedang. Dalam hal ini diupayakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa tersebut agar suasana kelas lebih menarik dan hidup namun tetap kondusif dengan menggunakan metode pembelajaran Braiding & Greeting. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui proses penerapan metode pembelajaran Braiding & Greeting pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMAN 26 Bandung; (2) untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas XI SMAN 26 Bandung sebelum dan setelah menggunakan metode pembelajaran Braiding & Greeting; (3) untuk mengetahui sejauh mana pengaruh metode pembelajaran Braiding & Greeting pada mata pelajaran PAI terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMAN 26 Bandung. Penelitian ini didasarkan bahwa metode pembelajaran Braiding & Greeting adalah metode pembelajaran koperatif active learning yang mengajarkan siswa untuk berambisi memperoleh poin dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan guru disertai bantuan media kartu nilai-nilai karakter, beradu argumen, presentasi, dan memberikan afirmasi positif sebagai bentuk sanjungan kepada karakter seseorang. Langkah-langkah penelitian ini adalah: kuantitatif dengan menggunakan metode Quasy Eksperimen nonequivalent control group design, dengan jumlah responden 64 peserta didik yang terdiri dari 31 siswa kelas eksperimen dan 33 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses penerapan metode pembelajaran Braiding & Greeting berjalan secara keseluruhan sesuai dengan tahapan dengan hasil skor observasi aktifitas guru yaitu 88% termasuk kategori baik; (2) Realitas motivasi belajar siswa sebelum perlakuan yaitu 71,26 pada kelas eksperimen dan 73,09 pada kelas kontrol, adapun realitas setelah perlakuan menggunakan metode pembelajaran Braiding & Greeting pada kelas eksperimen yaitu 76,84 dan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada kelas kontrol yaitu 75,11; (3) Besar peningkatan dari penerapan metode pembelajaran Braiding & Greeting yaitu sebesar 5,58% dan hasil angket kedua setelah perlakuan pada kelas eksperimen memperoleh skor 76,84 termasuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Braiding & Greeting; Motivasi Belajar;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education > Psychology of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Adha Raya Agung
Date Deposited: 22 Nov 2023 07:43
Last Modified: 22 Nov 2023 07:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82490

Actions (login required)

View Item View Item