Pemberdayaan sumber daya manusia di Lembaga Pendidikan hubunganya dengan mutu pendidikan : Penelitian di MIN Se-Kota Bandung

Sopa, Aulia siti (2023) Pemberdayaan sumber daya manusia di Lembaga Pendidikan hubunganya dengan mutu pendidikan : Penelitian di MIN Se-Kota Bandung. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy

Abstract

Praktik pengelolaan sumber daya manusia di Madrasah menjadi suatu hal yang krusial. Untuk itu perlu adanya pengembangan sumber daya manusia dengan tujuan menghasilkan Program pemberdayaan sumber daya manusia sekolah harus diarahkan kepada upaya yang memungkinkan pendidik dan tenaga kependidikan memberikan layanan yang prima kepada siswa serta mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari masyarakat. Unsur utama dalam proses pembelajaran meliputi pendidik atau guru Tenaga kependidikan atau pegawai tata usaha merupakan penunjang proses pembelajaran yang memiliki pengaruh dalam pencapaian tujuan sesuai rencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemberdayaan Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Hubunganya Dengan Mutu Pendidikan (Penelitian Pada MIN Se-Kota Bandung) Pemberdayaan memiliki Indikator pengambilan keputusan, kualitas kerja, inisiatif dalam kerja, pertumbuhan, professional, dampak, komunikasi gambaran diri, setatus, kemajuan diri dan Mutu Pendidikan. Indicator dari mutu Pendidikan adalah tenaga kependidikan, peserta didik, proses pembelajaran, sarana dan prasarana, keuangan, hubungan dengan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode survei dan pendekatan kuantitatif berjenis korelasi yang dilakukan terhadap 63 tenaga pendidik dan kependidikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Analisis data dilakukan dengan tahapan uji instrumen untuk mengetahui validitas dan reabilitas kuesioner, uji analisis parsial per indikator, uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas, serta uji hubungan atau korelasi. Hasil penelitian mengungkapkan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Hubunganya Dengan Mutu Pendidikan menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti. Pemberdayaan Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Hubunganya Dengan Mutu Pendidikan (Penelitian Pada MIN Se-Kota Bandung) Kemudian diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,789 memiliki kekuatan sangat kuat karena berada pada interval 0,789-1,00. Adapun jenis hubungan dalam penelitian ini memperoleh hasil pearson correlation sebesar 0,623 yang bersifat positif (+) tanpa adanya sifat negatif (-) di depan angka tersebut. Selanjutnya nilai koefisien determinasi (R Square) memperoleh presentase sebesar 62,3%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Sumber Daya Manusia; Mutu Pendidikan
Subjects: Education, Research
Engineering > Human Factors Engineering
General Management > Control and Quality Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aulia Siti Sopa
Date Deposited: 23 Nov 2023 03:27
Last Modified: 24 Nov 2023 08:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82508

Actions (login required)

View Item View Item