Corporate Identity Tagline "Radionya Urang Bandung" Urban Radio : Studi analisis deskriptif pada Humas Urban Radio

Fauzie, Ahmad Faqih (2023) Corporate Identity Tagline "Radionya Urang Bandung" Urban Radio : Studi analisis deskriptif pada Humas Urban Radio. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)

Abstract

Corporate identity merupakan unsur yang sangat penting dan berperan besar bagi perkembangan dari Urban Radio, dimana Corporate Identity itu sendiri adalah suatu bentuk visual dari image dan identitas suatu perusahaan. Hal tersebut terkait dengan simbol yang mencerminkan image yang hendak disampaikan perusahaan kepada khalayaknya. Simbol tersebut dapat berupa paparan singkat mengenai perusahaan yang tercermin dalam tagline yang mempunyai makna tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana identitas perusahaan yaitu tagline “Radionya Urang Bandung” Urban Radio mulai dari awal diperkenalkan hingga dapat berada di puncak pemikiran seseorang dengan mengacu pada konsep Brand Awareness yang diajukan oleh David Aaker. Konsep ini terdiri dari tiga tahapan utama, yaitu recognition (pengenalan), recall (pengulangan kembali), dan top of mind (puncak pemikiran). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif, dengan menerapkan Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Pendekatan ini dipilih untuk merinci bagaimana corporate identity tagline “Radionya Urang Bandung” mulai dari tahap pengenalan hingga ke tahap puncak pemikiran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengenalan identitas perusahaan tagline “Radionya Urang Bandung” Urban Radio hingga mencapai puncak pemikiran seseorang terdiri dari beberapa tahapan yang terdefinisi. (1) recognition terdiri dari lima aspek yang berbeda yaitu pemilihan kata “Radionya Urang Bandung” sebagai tagline, filosofi perusahaan yang terkandung dalam tagline “Radionya Urang Bandung”, konsep yang ditawarkan melalui tagline menentukan platform media untuk sosialisasi tagline, mengkomunikasikan tagline “Radionya Urang Bandung” secara visual. (2) Recall terdiri dari lima aspek yaitu intensitas dengan frekuensi yang tinggi dari sosialisasi tagline membuat iklan secara audio dan visual mengenai tagline, membuat jingle pada siaran on air mengenai tagline “Radionya Urang Bandung”, bekerja sama dengan influencer atau selebriti, dan memiliki cara yang berbeda dengan kompetitor dalam sosialisasi tagline “Radionya Urang Bandung”. (3) top of mind terbagi menjadi lima aspek yaitu memastikan konsistensi penggunaan tagline dalam semua komunikasinya, memastikan bahwa tagline sudah mendapatkan atensi dari pendengar, feedback yang dihasilkan setelah proses recognition dan recall, mempertahankan top of mind dengan penerapan tagline “Radionya Urang Bandung” dan melakukan inovasi seiring berjalannya waktu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Corporate Identity; Tagline; Urban Radio
Subjects: Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Ahmad Faqih Fauzie
Date Deposited: 24 Nov 2023 06:49
Last Modified: 24 Nov 2023 06:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82537

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item