Pengaruh model pembelajaran RADEC berbantu media aplikasi Canva terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi struktur dan fungsi sel

Utama, Satrio Akbar (2023) Pengaruh model pembelajaran RADEC berbantu media aplikasi Canva terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi struktur dan fungsi sel. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan aspek yang dimiliki oleh siswa pada Abad ke-21. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mennganalisis pengaruh model pembelajaran RADEC berbantu media aplikasi Canva terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi struktur dan fungsi sel. Metode yang digunakan ialah penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control-group design. Data disebarkan melalui pemberian instrumen berupa lembar observasi, tes kemampuan berpikir kreatif, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran RADEC berbantu media aplikasi Canva berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi struktur dan fungsi sel. Pengaruh yang diberikan diuji melalui serangkaian uji statistika yaitu uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis, dan uji effect size. Penggunaan model pembelajaran RADEC berbantu media aplikasi Canva berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi struktur dan fungsi sel dengan nilai uji hipotesis menunjukkan Sig. 0,002 < 0,05, namun pada uji effect size menunjukkan angka 0,14. Oleh karena itu, penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran RADEC berbantu media aplikasi Canva terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi struktur dan fungsi sel dapat mengatasi kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran yang menyebabkan kemampuan berpikir kreatif tidak meningkat pada siswa kelas XI di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bandung terutama pada pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Canva; Kemampuan Berpikir Kreatif; Model RADEC; Struktur dan Fungsi Sel
Subjects: Education, Research
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Satrio Rio Bagio
Date Deposited: 24 Nov 2023 00:56
Last Modified: 24 Nov 2023 00:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82560

Actions (login required)

View Item View Item