Hubungan Self Efficacy terhadap hasil belajar Tematik peserta didik kelas V MI : Studi penelitian uji korelasi pada peserta didik kelas V MI di MI Miftahul Huda

Harnum, Siti Fauziyah (2023) Hubungan Self Efficacy terhadap hasil belajar Tematik peserta didik kelas V MI : Studi penelitian uji korelasi pada peserta didik kelas V MI di MI Miftahul Huda. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (911kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)

Abstract

Hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari dalam diri peserta didik maupun dari lingkungan eksternal. Selain faktor-faktor yang telah disebutkan, ada peran penting dalam hasil belajar yaitu self efficacy. Self efficacy ini merujuk pada keyakinan peserta didik terhadap kemampuan mereka sendiri, kepercayaan diri ini mendorong peserta didik untuk mencapai kesuksesan dan mengatasi tantangan yang mungkin akan muncul dalam menyelesaikan tugas-tugas belajar (Indirwan et al., 2021). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self efficacy terhadap hasil belajar peserta didik kelas V MI di MI Miftahul Huda. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Hipotesis penelitian ini yaitu adanya hubungan positif yang signifikan antara self efficacy terhadap hasil belajar tematik peserta didik di MI Miftahul Huda. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI, yaituda 25 peserta didik. Kerangka berpikir pada variabel X (Self Efficacy) magnitude yaitu kesulitan tugas yang dihadapi peserta didik, strength yaitu kekuatan atau kelemahan yang dimiliki peserta didik, generality yaitu keluasan bidang tugas yang dilakukan peserta didik, kemudian variabel Y (Hasil Belajar) pengetahuan (knowledge), pemahaman (comprehension), penerapan (application). Hipotesis pada self efficacy terhadap hasil belajar tematik H0 artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara self efficacy terhadap hasil belajar peserta didik. Begitupun dengan sebaliknya Ha yaitu ada hubungan yang signifikan antara self efficacy terhadaphasil belajar peseta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa dokumentasi, angket, dan tes hasil belajar. Angket digunakan untuk data self efficacy terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V MI Miftahul Huda sedangakn dokumentasi digunakan untuk pengambilan data profil madrasah, dokumentasi saat penelitian. Uji validitas menggunakan rumus product moment, dan uji realibilitas meHinggunakan rummus alpha. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis deskriptif dan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh self efficacy terhadp hasil belajar peserta didik kelas V MI Miftahul Huda. Hal ini ditunjukkan N-1, yaitu 25-1 = 24. Nilai dk = 24 ada taraf signifikan 5% di peroleh ttabel = 1.711. Untuk mengetahui hubungan dari variabel X dan Y bahwa nilai Adjust R Square yang diperoleh sebesar 0,043 dan diartikan bahwa variabel self efficacy dengan hasil belajar peserta didik adalah 43%. Maka dapat dikatakan bahwasannya jika self efficacy baik maka hasil belajar peserta didik pun baik. Dikarenakan adanya hubungan self efficacy terhadap hasil belajar peserta didik kelas V MI sebesar 43%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Self Efficacy; Hasil Belajar; Tematik; Korelasi
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Public Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Fauziyah Harnum
Date Deposited: 28 Nov 2023 00:40
Last Modified: 28 Nov 2023 00:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82580

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item