Efektivitas pembelajaran daring menggunakan model Rbl (Resource Based Learning) terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI : Penelitian pada siswa kelas XI MIPA SMAN 2 Garut

Ulum, Miftahul (2023) Efektivitas pembelajaran daring menggunakan model Rbl (Resource Based Learning) terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI : Penelitian pada siswa kelas XI MIPA SMAN 2 Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak1.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
03. Daftar Isi.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)

Abstract

Pasca adanya wabah covid-19 melanda indonesia, pembelajaran diberbagai sekolah dilaksanakan dengan sistem daring, dampaknya proses pembelajaran yang dilaksanakan sangat terbatas. Kondisi ini mengakibatkan pendidik diharuskan melakukan proses inovasi pada model pembelajaran yang digunakan, supaya proses pembelajaran dengan sistem daring tetap efektif. Salah satu pilihannya adalah menerapkan model pembelajaran yang mampu memanfaatkan sumber belajar dimanapun dengan jenis apapun. Model yang bisa digunakan adalah model RBL. Berdasarkan beberapa studi pendahuluan yang telah dilaksanakan, selama pembelajaran daring berlangsung, proses pembelajaran masih tetap mengadopsi model konvensional berupa metode ceramah saja. Sehingga hal ini mengaikbatkan tidak efektifnya pembelajaran. Hal lain yang dirasa akibat hanya kukuh menggunakan model konvensinal berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, keberadaan model pembelajaran yang yang berpusat student center dirasa perlu, maka model RBL diharapkan mampu memecahkan permaslahan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Efektivitas pembelajaran daring menggunakan model RBL pada mata pelajaran PAI, serta menganalisis pengaruhnya terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa pada MAPEL PAI. Untuk merealisasikan tujuan penelitian tersebut, dalam pelaksanaannya, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan jenis equivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMAN 2 Garut, dimana sampelnya diambil secara random berdasarkan studi pendahuluan. Adapun instrumen yang diterapkan berupa angket, dan tes, kemudain kedua instrumen tersebut dianalisis menggunakan uji statistik berbantu SPSS versi 26. Hasil pengujian menunjukan bahwa penggunaan model RBL dalam pembelajaran daring cukup efektif digunakan pada pembelajaran PAI, karena berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Ini dibuktikan dengan perolahan rata-rata n-gain score motivasi belajar siswa yang diperoleh sebesar 57,5% dimana berdasarkan kategori uji n-gain termasuk cukup efektif. Sedangkan perolehan rata-rata n-gain score hasil belajar sebesar 55,6% dan termasuk kategori cukup efektif. Selain penggunaan model RBL mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Dimana hasil uji analisis deskriptif diperoleh rata-rata peningkatan 21% pada motivasi belajar dan 29% pada hasil belajar. Oleh karena itu, peneliti merekomendasikan untuk pendidikan supaya mampu mengembangkan berbagi model pembelajaran, salah satunya model yang bisa di dalam kondisi pembelajaran daring adalah model RBL.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran Daring; Model Rbl ; Motivasi; Hasil Belajar Kognitif;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miftah Ulum Miftahul
Date Deposited: 24 Nov 2023 04:25
Last Modified: 24 Nov 2023 04:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82597

Actions (login required)

View Item View Item