Penerapan model pembelajaran PACE (Project, ACtivity, Cooperative, Exercise) untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa

Puspitaningrum, Andreani (2023) Penerapan model pembelajaran PACE (Project, ACtivity, Cooperative, Exercise) untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (929kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (925kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa (2) perbedaan pencapaian kemampuan penalaran matematis antara siswa berdasarkan tingkat Pengetahuan Awal Matematika (PAM) tinggi, sedang dan rendah; serta (3) respon siswa terhadap model pembelajaran PACE. Penelitian ini dilakukan di salah satu Madrasah Tsanawiyah di Garut. Populasi pada penelitian ini siswa kelas VIII dengan sampel penelitian siswa kelas VIII-A dan kelas VIII-C. Sampel yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes PAM, tes kemampuan penalaran matematis dengan kriteria validitas tinggi serta lembar angket respon siswa. Hasil penelitian yaitu sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran PACE dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (2) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan penalaran matematis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran PACE dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional berdasarkan PAM tinggi, sedang dan rendah; serta (3) siswa memberikan respon yang positif terhadap model pembelajaran PACE. Dengan demikian, dapat disimpulkan penerapan model PACE mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model PACE (Project, Activity, Cooperative, Exercise); Kemampuan Penalaran Matematis
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Andreani Puspitaningrum
Date Deposited: 24 Nov 2023 07:47
Last Modified: 24 Nov 2023 07:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82599

Actions (login required)

View Item View Item