Hubungan antara penggunaan media Realia dengan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia dini : Penelitian di kelompok A RA Nurul Jannah Cibiru Hilir Kabupaten Bandung

Kuryasin, Dewi (2023) Hubungan antara penggunaan media Realia dengan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia dini : Penelitian di kelompok A RA Nurul Jannah Cibiru Hilir Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan media realia yang sudah masif dilakukan di RA Nurul Jannah namun kemampuan mengenal lambang bilangan anak masih rendah. Hal ini berbanding terbalik dengan antusiasme anak usia dini di RA Nurul Jannah yang sangat tinggi yang seharusnya linear dengan kemampuan mengenal lambang bilangan itu sendiri. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini kemudian bertujuan : untuk mengetahui: (1) Realitas pada penggunaan media realia di Kelompok A RA Nurul Jannah Cibiru Hilir Kabupaten Bandung; (2) Realitas kemampuan mengenal lambang bilangan di Kelompok A RA Nurul Jannah Cibiru Hilir Kabupaten Bandung; dan (3) Realitas hubungan antara penggunaan media realia dengan kemampuan mengenal lambang bilangan di Kelompok A RA Nurul Jannah Cibiru Hilir Kabupaten Bandung. Penelitian ini berpegang pada asumsi bahwa ada banyak metode atau cara yang dapat digunakan guna meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia dini, salah satunya melalui penggunaan media realia. Olehnya itu, hipotesis yang dirumuskan kemudian adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara Penggunaan Media Realia dengan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Usia Dini di Kelompok A RA Nurul Jannah Cibiru Hilir Kabupaten Bandung. Penelitian ini penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 11 orang anak usia dini di Kelompok A RA Nurul Jannah Cibiru Hilir Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2023/2024. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Hasil analisis parsial item per indikator variabel penggunaan media realia memiliki nilai rata-rata 79.55 dengan kriteria baik karena berada pada interval nilai 70-79, sedangkan hasil analisis parsial item per indikator variabel kemampian mengenal lambang bilangan memiliki nilai rata-rata 84.09 dengan kriteria sangat baik karena berada pada interval nilai 80-100. Hasil analisis kekuatan hubungan dalam penelitian ini menunjukkan Nilai R2 sebesar 0.286 yang berarti kekuatan hubungannya berada pada kategori rendah karena pada kisaran skor 0.200 – 0.399. Adapun hasil pengujian hipotesis menunjukkan Nilai thitung sebesar 0.816 < ttabel sebesar 4.02470 dan nilai p-value sebesar 0.445 > 0.001 menunjukkan bahwa penggunaan media realia memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada Anak Usia Dini di Kelompok A RA Nurul Jannah Cibiru Hilir Kabupaten Bandung. Dengan demikian, dapat disimpulkan H0 diterima dan Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini; Media Realia; Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Dewi Kuryasin
Date Deposited: 27 Nov 2023 02:32
Last Modified: 27 Nov 2023 02:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82661

Actions (login required)

View Item View Item