Teknik Self-Help dalam mengurangi perilaku Prokrastinasi akademik : Penelitian di Kompi Bendiri Sendiri Menwa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Rizki, Muhamad (2023) Teknik Self-Help dalam mengurangi perilaku Prokrastinasi akademik : Penelitian di Kompi Bendiri Sendiri Menwa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui fenomena prokrastinasi akademik di Kompi BS Menwa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Fenomena prokrastinasi akademik merupakan perilaku penundaan penyelesaian tugas akademik. Fenomena ini kerap ditemui dalam lingkungan mahasiswa, terkhusus Kompi BS Menwa UIN Sunan Gunung Djati. Hal ini mengacu pada banyaknya stigma isu bahwa mahasiswa kerap kali mengalami keterlambatan kelulusan disebabkan oleh prioritasnya pada kegiatan-kegiatan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menemukan fenomena prokrastinasi akademik pada Kompi BS Menwa UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2) menggambarkan teknik self-help dalam mengurangi perilaku prokrastinasi akademik pada Kompi BS Menwa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengolahan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian merupakan sampel anggota Kompi BS Menwa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Metode ini dimaksudkan untuk memberikan penjelasan secara komperhensif terkait fenomena prokrastinasi yang diangkat. Penelitian ini menemukan bahwa pelaku prokrastinasi akademik sebagai organisatoris kerap merasakan konflik peran di dalam dirinya. Perilaku prokrastinasi akademik dapat menimbulkan beragam dampak negatif kepada pelakunya. Oleh sebab itu teknik self help ditujukan untuk mengatasi fenomena tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) perilaku prokrastinasi akademik disebabkan oleh faktor internal dan eksternal, faktor eksternal dapat memicu hadirnya faktor internal subjek, 2) motivasi dibangun oleh kebutuhan dasar subjek dan memiliki peran penting dalam mengubah perilaku, 3) Faktor eksternal subjek dapat dikurangi dengan teknik the now habit melalui creating safety dan self talk positif, konflik peran dalam individu organisatoris dapat ditinjau dengan guilt- free play dan working in the flow state, dan 4) teknik self help dengan the now habit dapat meningkatkan kedisiplinan dan produktifitas subjek secara mandiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Organisasi; Prokrastinasi Akademik; Self-Help;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Military Science > Organization and Personnel of Military Forces
Social Welfare, Problems and Services
General Management > Internal Organizations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: muhamad rizki rizki
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:46
Last Modified: 04 Dec 2023 04:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82840

Actions (login required)

View Item View Item