Pengaruh penerapan metode Beyond Centres and Circle Time (BCCT) terhadap kemampuan sosial anak usia dini: Penelitian kuantitatif pada kelompok A di RA Al-Misbah Cipadung Bandung

Faturohmah, Fatimatul (2023) Pengaruh penerapan metode Beyond Centres and Circle Time (BCCT) terhadap kemampuan sosial anak usia dini: Penelitian kuantitatif pada kelompok A di RA Al-Misbah Cipadung Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan sosial anak yang ditunjukkan pada saat kegiatan pembelajaran, seperti anak tidak mampu bekerjasama dengan teman satu kelompoknya, anak tidak berani bertanya pada guru, dan lain sebagainya. Selain itu, penggunaan metode dalam proses pembelajaran juga dapat mempengaruhi kemampuan sosial pada anak. Metode pembelajaran yang kurang tepat dapat membuat kemampuan sosial anak tidak berkembang dengan baik. Penggunaan Metode Beyond Centre and Circle Time diharapkan mampu memberikan pengaruh yang baik terhahap kemampuan sosial anak usia dini. Oleh karena itu peneliti menggunakan metode Beyond Centre and Circle Time untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kemampuan sosial anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) kemampuan sosial anak sebelum diterapkan metode Beyond Centre and Circle Time pada kelompok A RA Al-Misbah Cipadung Bandung; (2) kemampuan sosial anak setelah diterapkan metode Beyond Centre and Circle Time pada kelompok A RA Al-Misbah Cipadung Bandung; dan (3) pengaruh metode Beyond Centre and Circle Time terhadap kemampuan sosial anak kelompok A RA Al-Misbah Cipadung Bandung. Beyond Centre and Circle Time merupakan metode yang digunakan dalam melatih perkembangan dan kemampuan anak melalui metode bermain yang berfokus pada anak. Pendekatan Beyond Centre and Circle Time dapat memperkaya pengalaman bermain anak, merangsang kemampuan sosial dan emosial pada anak usia dini dan dapat berpengaruh baik terhadap kemampuan anak dalam bersosialisasi. Kemampuan sosial pada anak usia dini merupakan perilaku sosial yang didapatkan melalui rangsangan atau stimulus sosial dari lingkungan keluarga dan sekitarnya. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen melalui pendekatan kuantitatif dengan Pre-experimental Design (tes awal-tes akhir kelompok tunggal). Proses analisis data terlebih dahulu dilakukan uji instrumen yaitu validitas dan reliabilitas, kemudian dilakukan uji parsial item per indikator, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan sosial anak sebelum diterapkan metode Beyond Centre and Circle Time diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 68 berada pada kategori cukup. Kemudian setelah diterapkan metode Beyond Centre and Circle Time diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 78 berada pada kategori baik. Hasil uji t diperoleh thitung >ttabeldengan nilai 2,3832 > 1,7709, maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh penerapan metode Beyond Centre and Circle Time terhadap kemampuan sosial anak usia dini di kelompok A RA Al-Misbah Cipadung Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Beyond Centres and Circle Time; kemampuan sosial anak
Subjects: The Self
Adult Education
Public Policy Issues in Education
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Fatimatul Faturohmah
Date Deposited: 04 Dec 2023 02:30
Last Modified: 04 Dec 2023 04:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82861

Actions (login required)

View Item View Item