Rumaisha, Azkia (2023) Penelitian media Round Wheels dalam meningkatkan minat belajar baca Al-Qur'an siswa : Penelitian quasi eksperimen terhadap siswa kelas V SDIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf Download (322kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
||
Text (BAB III)
6_Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
||
Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
||
Text (BAB V)
8_Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang ada di SDIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Bandung yaitu mengenai rendahnya minat belajar sebagian siswa terhadap mata pelajaran Al-Qur’an. Hal ini dapat terjadi karena proses pembelajaran dilaksanakan hanya menggunakan media konvensional yaitu buku pegangan. Sehingga salah satu upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Al—Qur’an adalah dengan menerapkan media pembelajaran round wheels. Penilitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui proses penerapan media pembelajaran round wheels pada pembelajaran baca Al-Qur’an di kelas V SDIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Bandung; (2) untuk mengetahui minat belajar siswa kelas V SDIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Bandung dalam pembelajaran baca Al-Qur’an setelah penggunaan media round wheels. Penelitian ini didasarkan pada gagasan bahwa penggunaan berbagai macam media pembelajaran oleh guru dapat mempengaruhi minat belajar Al-Qur’an siswa. Salah satunya adalah dengan media pembelajaran round wheels. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh signifikan antara penerapan media pembelajaran round wheels terhadap minat belajar Al-Qur’an siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment dengan desain nonequivalen control group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun uji hipotesis padapenelitian ini menggunakan perhitungan uji independent sample t-Test dengan jumlah sampel sebanyak 59 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) proses penerapan media pembelajaran round wheels pada mata pelajaran Al-Qur’an di kelas eksperimen telah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata skor selama dua kali pertemuan yaitu 78,75% yang termasuk dalam kategori baik; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan media pembelajaran round wheels di kelas eksperimen terhadap minat belajar siswa di kelas eksperimen. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji independent sample t-Test yang menunjukan bahwa Sig. (-2tailed) adalah 0,00 yang mana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis (Ha) diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Round Wheels; Minat Belajar; Baca Al-Qur'an; PAI |
Subjects: | Education, Research Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Azkia Rumaisha |
Date Deposited: | 04 Dec 2023 07:06 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 07:06 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82882 |
Actions (login required)
View Item |